loader image

Air Terjun Batarius, Mutiara Balangan Tersembunyi

AIR TERJUN-Bupati Balangan, Abdu Hadi pasca mengunjungi Air Terjun Batarius secara langsung.

PARINGIN-Berkilo-kilometer jarak yang ditempuh dengan berjalan kaki, tak melumpuhkan semangat para penakluk Air Terjun Batarius Kabupaten Balangan untuk menuju objek wisata alam nan katanya Indah nian ini.

Ya, belakangan Air Terjun Batarius menjadi daya tarik bagi sejumlah orang di Balangan. Bahkan pimpinan wilayah berjuluk Bumi Sanggam ini pun begitu tertarik pada air terjun ini.

Keindahan alam Air Terjun Batarius adalah khas keindahan alam Kalimantan di Balangan. Bahkan dianggap tak ada duanya di Kalsel.

Begitulah pujian yang diutarakan oleh Bupati Balangan, Abdu Hadi pasca mengunjungi Air Terjun Batarius secara langsung, beberapa waktu lalu. “Batarius Hebaaat,” ungkapnya penuh kepuasan.”Batarius tidak ada duanya di Kalsel,” sambung Abdul Hadi lagi.

Tak habis-habisnya kepuasan Abdul Hadi setelah mencapai air terjun yang dianggap sangat mempesona ini. Baginya, hari ini, Air Terjun Batarius adalah mutiara Balangan yang tersembunyi yang akan dikembangkan oleh Pemkab Balangan.

Perjalanan Abdul Hadi ke pedalaman Balangan di Kecamatan Halong tersebut didampingi rombongan lainnya. Begitu pula warga setempat yang turut menghantarkan sampai ke lokasi pada 3 dan 4 Juli kemarin.

Tidak gampang untuk menempuh lokasi mutiara Balangan ini. Perlu stamina ekstra untuk menaklukkannya. Apalagi jarak yang ditempuh berkilo-kilo meter dengan perkiraan waktu kurang lebih lima sampai enam jam jalan kaki dari anak desa terdekat.

“Menuju Air Terjun Batarius harus siap tenaga dan peralatan yang cukup. Menggunakan trail dari Desa Mamigang ke Dusun Jajanang,” papar Abdul Hadi menjelaskan jalur menuju lokasi.

Medannya jalur trail dianggap sangat berat. Wajar saja dikabarkan ada beberapa pengendara yang jatuh saat mencoba melintasi jalur tersebut. Ditambah lagi kondisi alam yang merupakan kawasan pegunungan dan ada pula melintasi jurang.

Melihat daya tarik Air Terjun Batarius yang menjanjikan, Abdul Hadi pun merencanakan sejumlah pembangunan. Terutama dari segi infrastruktur. Sehingga orang akan mudah datang ke tempat tersebut.

Segala bentuk perjuangan saat menuju air terjun ini ungkap Abdul Hadi terbayarkan lunas ketika sampai di lokasi.

Luar biasanya pesona alam Air Terjun Batarius yang memiliki ketinggian belasan meter dan dianggap cukup lebar, menjadi tempat tersebut semakin indah.

Didukung pula kondisi bebatuan di Air Terjun Batarius dan adanya kolam pemandian dalam pada tempat tersebut.

Diketahui pula, untuk berkunjung ke Air Terjun Batarius tak cukup waktu sehari. Pengunjung disarankan menginap agar lebih menikmati alam. Apalagi jarak tempuh yang dibutuhkan untuk pulang pergi mencapai belasan jam.

Tentunya perjalanan orang nomor satu di Balangan ini bersama rombongan melibatkan warga setempat. Ia juga bertemu dan menyapa warga yang bermukim di pegunungan dan dilintasi saat menuju air terjun.

Interaksi Abdul Hadi dengan warga di pedalaman Bumi Sanggam ini nampak hangat. Kepadanya, warga menyampaikan harapan tentang pembangunan kawasan permukiman.

Terutama keberadaan akses jalan yang dibutuhkan dan sangat membantu serta memudahkan warga untuk mengankut hasil pertanian yang kemudian dijual ke pasar. Tak kalah penting untuk meramaikan daerah yang terisolir. (mc/mb03}