loader image

Tabalong Terima Hewan Kurban

F:\ARSIP WEBSITE MATA BANUA\2021\Juli\21 Juli 2021\12\asli\kontrak.jpeg
SIMBOLIS – Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani saat menerima secara simbolis bantuan hewan kurban dari PT Pamapersada Nusantara Distrik Adaro di teras Kantor Sekretariat Daerah Kabupten Tabalong, Senin (19/7).

TANJUNG – Di minggu-minggu terakhirnya beroperasional di Kabupaten Tabalong, PT Pamapersada Nusantara Distrik Adaro masih sempat menyalurkan bantuan dan kontribusinya kepada masyarakat, yang bermukim di wilayah operasional Ring Satu.

Jelang Hari Raya Idul Adha 1442 H, management PT Pama menyalurkan puluhan hewan kurban untuk masyarakat Tabalong, sekaligus berpamitan kepada Bupati Tabalong saat menerima secara simbolis bantuan hewan kurban tersebut.

CSR Manager PT Pama, Ono Karno mengatakan, mewakili management PT Pamapersada, mengucapkan terimakasih kepada Bupati Tabalong beserta jajaran, yang selama ini senantiasa memberikan arahan dan petunjuk.

“Dengan adanya arahan dan petunjuk dari bapak Bupati, sehingga PT Pama dapat terus berjalan dan beroperasi dari awal hingga berakhirnya proyek,” ujarnya dalam sambutannya saat menyerahkan bantuan hewan kurban di teras Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Tabalong, Senin (19/7).

Terkait bantuan hewan kurban, Uno Karno mengatakan, ditahun 2021 ini PT Pama dapat mengumpulkan 56 ekor hewan kurban berupa 28 ekor sapi dan 28 ekor kambing, yang didistribusikan ke beberapa Kabupaten wilayah operasional. Untuk Kabupaten Tabalong, mendapatkan 17 ekor sapi dan 15 ekor kambing,

“Hewan kurban ini, kami distribusikan kepada seluruh desa Ring Satu, pondok pesantren, dan panti asuhan yang berada di Tabalong, didistribusikan langsung oleh PT Pama,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, pada kesempatan ini PT Pama juga akan memberikan sertifikat halal dari MUI Kalsel kepada 10 UMKM binaan LPB.

Baca juga :  Perda Pengelolaan Sungai Jaga Keasrian Sungai

“Ada 148 UMKM binaan LPB Pama di Kabupaten Tabalong, dari jumlah tersebut sebanyak 12 UMKM sudah memiliki izin Industri rumah tangga (IRT), dan 2 UMKM perizinan BPOM,” katanya.

PT Pamapersada Nusantara Distrik Adaro akan berakhir beroperasi pada akhir Juli 2021, namun untuk Lembaga Pengembangan Bisnis-Pama Banua Lima (LPB-PAMA Banua Lima) berakhir di bulan Desember 2021.

“Jadi, mudah-mudahan masih ada kesempatan untuk UMKM lainnya untuk mendapatkan perizinan oleh LPB Pama,” ucapnya.

Sementara itu, Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani, memberikan apresiasi kepada PT Pama yang di akhir beroperasinya di Tabalong, masih bisa berkontribusi untuk masyarakat.

“Saya sangat bersyukur PT Pama masih bisa meneruskan tradisi tahunan untuk kembali menyerahkan hewan kurban, meskipun kontraknya di Tabalong sudah akan berakhir. Ini merupakan penyerahan kurban yang terakhir,” ujar Anang, yang juga yakin suatu saat nanti PT Pama akan kembali lagi ke Kabupaten Tabalong.

Menurutnya, tradisi Kurban oleh perusahaan ini, sangatlah bagus. Oleh sebab itulah dirinya yakin ini merupakan investasi moral, termasuk amal zariah. Termasuk pemberian sertifikat halal kepada UMKM oleh PT Pama, ini merupakan amal jariah dengan nilai-nilai kebaikan yang ditebar selama ini.

Dalam kesempatan ini, Bupati mengucapkan banyak terimakasih kepada PT Pama, karena banyak berkontribusi untuk masyarakat Tabalong.

Turut hadir dalam penyerahan ini, Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani, Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan H Yuhani, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra H Zulfan Noor, Kepala Dinas Koperasi, dan UKM H M Faisal. rls