loader image

Kalsel Miliki Dua Perda Penting Kawal Pembangunan

F:\ARSIP WEBSITE MATA BANUA\2021\Juli\21 Juli 2021\6\3a.JPG
Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Selatan, Safrizal ZA saat menerima dokumen Raperda baru disahkan yang diserahkan Ketua DPRD Kalsel, H Supian HK

BANJARMASIN – Pembangunan di Kalimantan Selatan bakal semakin terarah dan berkembang pesat, hal itu setelah gerak cepat pemerintah daerah bersama legislatif setempat berhasil merancang dua produk peraturan daerah sebagai landasan operasional pemicu.

Kedua Raperda tersebut yaitu Raperda tentang Penyelenggaraan Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) di lingkungan Pemprov Kalsel dan Raperda tentang Pembentukan Dana Cadangan Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah.

Terkait upaya percepatan penetapan dua Raperda tersebut, Penjabat (Pj) Gubernur Kalsel, Safrizal ZA menyampaikan penjelasan terhadap dua Raperda pada Rapat Paripurna DPRD Kalsel, di Ruang Rapat H Mansyah Adryan, Senin (19/7).

Menurut Pj Gubernur Safrizal, dana cadangan daerah adalah salah satu aspek penting dalam pelaksanaan roda pemerintahan daerah.

Dikatakannya, tahun 2024 dibagi beberapa tahun sehingga rencana pembangunan pada 2024 harus terus berjalan, termasuk agenda Pilkada dapat terlaksana dengan sukses.

“Provinsi Kalimantan Selatan akan melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Provinsi Kalimantan Selatan serentak pada tahun 2024 dan hal itu akan membutuhkan alokasi anggaran yang cukup besar dan harus dipersiapkan melalui mekanisme dana cadangan,” ungkapnya.

Sementara itu, penyusunan Raperda tentang Penyelenggaraan SPBE dirancang meningkatkan kualitas layanan publik dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi yang dikenal dengan sebutan E-Goverment.

Hal itu dimaksudkan agar pencapaian sasaran dalam periode beberapa tahun mendatang dapat lebih terarah, maka diperlukan sebuah rencana strategis teknologi informasi sebagai acuan pengembangan aplikasi sistem informasi dan infrastruktur teknologi informasi.

Baca juga :  Pencuri Kabel Telkom Diringkus

Oleh karena itu, kata Safrizal, Pemprov Kalsel mengambil peran aktif dalam mewujudkan penyelenggaraan SPBE yang dapat menunjang pelayanan publik, keamanan dan ketertiban umum.

Dalam Rapat Paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Provinsi Kalsel, H Supian HK itu membahas agenda tentang Penjelasan Pimpinan Komisi III dan IV DPRD Provinsi Kalsel atas Raperda Penyelenggaraan Pengelolaan sistem Manajemen Jalan dan Fasilitas Pendidikan Tinggi. Selain itu, dalam rapat paripurna itu juga Pj Gubernur Kalsel menyampaikan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) APBD Provinsi Kalsel Tahun anggaran (TA) 2022. rny/adpim/ani