loader image

Warga Padang Luas Berkesempatan Miliki Rumah Layak Huni

F:\ARSIP WEBSITE MATA BANUA\2021\Juli\18 Juli 2021\4\tala 2.JPG
Kepala DPRKPLH Kabupaten Tala, Muhammad Mursyi

PELAIHARI – Kegiatan Manunggal Tuntung Pandang (MTP) di Desa Padang Luas, Kecamatan Kurau, diwarnai Sosialisasi Permohonan Peningkatan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dari Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Tanah Laut (Tala), Jumat (16/7).

Kepala DPRKPLH Kabupaten Tala, Muhammad Mursyi menyampaikan bahwa dari 4.000 RTLH di Kabupaten Tala, Kecamatan Kurau menjadi kecamatan yang paling banyak terdata.

Ia menambahkan data diperkirakan akan terus naik, mengingat masih banyaknya rumah-rumah di Kabupaten Tala yang tidak layak huni. Program ini bertujuan agar masyarakat bisa mendapatkan hunian lebih layak yang dilengkapi fasilitas Mandi Cuci Kakus (MCK).

Mursyi menuturkan untuk bisa mendapatkan bantuan dari program RTLH jika memiliki surat atau kuasa atas tanah yang nantinya akan dibangun rumah.

“Kami berharap dengan adanya sosialisasi dari program ini hunian masyarakat di Kabupaten Tanah Laut di Desa Padang Luas khususnya bisa lebih baik. Nah untuk pendaftaran diharapkan sebaiknya dari Pemerintah Desa bisa mengakomodir agar masyarakat tidak perlu direpotkan untuk mengurus sendiri,” ujarnya.

Dia mengatakan, untuk mendapatkan program RTLH ini bisa langsung mengajukan permohonan pada saat kegiatan MTP atau langsung diserahkan ke DPRKPLH Kabupaten Tanah Laut sehingga nantinya bisaivalidasi dengan cepat. ris/ani