loader image

Sekdaprov Apresiasi Pemilihan Pasangan Muda Berprestasi 2021

BANJARMASIN – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kalimantan Selatan resmi menobatkan enam Pasangan Muda Inspiratif dan Berprestasi tahun 2021 ini, setelah melalui proses seleksi dan penjurian oleh kalangan berkompeten.

Penyerahan hadiah berupa tropi dan piagam kepada pemenang grand final Pasangan Muda Inspiratif dan Berprestasi 2021 dilakukan, di Banjarmasin, Kamis (15/07) dan dihadiri Sekdaprov Kalsel, Roy Rizali Anwar.

Pasangan muda inspiratif dan berprestasi itu sebagai terbaik I diraih pasangan Ahmad Juliansyah – Arpah Sari Dewi (Balangan), M Ghalih-Yulita Dwi Safitri (Tanah Laut) sebagai juara II dan terbaik III pasangan Riswan Erfa – Suci Rabela (Banjarmasin).

Sementara itu, juara harapan I, II dan III diberikan kepada pasangan suami istri M Yusda Permana – Helna Aprilianti (Banjarbaru), Pasangan Hasbi Kamarullah – Siti Fatmah (Banjar) dan Pasangan Rizky Ramadhani – Ridho Maisarah (Banjarmasin).

Sekdaprov Kalsel, Roy Rizali Anwar memberikan apresiasi kepada kepada jajaran Dispora setempat yang terus berupaya menggali dan mengangkat eksistensi pemuda sebagai pilar kemajuan bangsa, khususnya melalui kegiatan pemilihan pasangan muda inspiratif dan berprestasi.

Roy menyatakan bangga kepada pasangan yang terpilih sebagai pasangan muda inspiratif dan berprestasi.

“Saya berharap pasangan muda ini dan seluruh pasangan muda yang masuk grand final, kiranya mampu menghadirkan inspirasi-inspirasi positif dalam kehidupan kebangsaan dan kemasyarakatan,” ujarnya.

Dikatakan Roy, sejak zaman perjuangan hingga sekarang ini, peran pemuda selalu hadir dalam perjalanan bangsa Indonesia. Pemuda memiliki andil yang besar dalam membebaskan negeri ini dari penjajahan.

Tokoh-tokoh besar, lanjutnya, seperti Bung Karno, Bung Hatta, Bung Tomo dan lain-lain, lahir dari kalangan generasi muda dan mereka memberikan keteladanan yang luar biasa dan sosok pemuda yang berjuang tanpa pamrih, sosok pemuda yang cerdas dan pandai, sekaligus sosok pemuda dengan rasa kebangsaan yang teguh.

“Sekarang bangsa kita membutuhkan kalangan generasi muda yang inspiratif dan berprestasi, karena bagaimanapun persaingan di era sekarang ini bukan lagi adu kekuatan fisik dan senjata, tetapi bersaing dalam hal gagasan, ide dan inovasi di berbagai sektor kehidupan,” ujarnya.

Apalagi di Kalsel, ujar Roy, dituntut kerja lebih maksimal lagi dalam melahirkan pemuda-pemuda yang berdaya saing, tangguh dan berkualitas, karena secara indeks pembangunan kepemudaan, provinsi ini masih rendah.

“Saya minta kepada Dispora agar terus melakukan upaya-upaya khusus untuk mempercepat pembangunan kepemudaan, termasuk mendorong pasangan muda untuk membangun keunggulan dan daya saing, sesuai dengan keahlian dan keterampilan masing-masing,” pintanya.

Kadispora Kalsel, H Hermansyah mengatakan, dari pemilihan Pasangan Muda Inspiratif dan Berprestasi ini ada potensi besar yang dimiliki bisa menjadi duta Pemprov Kalsel menyampaikan program pemerintah di bidang kepemudaan dan kegiatan ini digelar Kemenpora sejak 2019 dan Kalsel pertama menggelar di tengah pandemi.

Pasangan Muda Inspiratif dan Berprestasi adalah akumulasi dari semangat pemuda dalam mengembangkan potensi diri, guna merintis jalan, melakukan terobosan, menjawab tantangan dan memberikan jalan keluar atas berbagai masalah dengan dilandasi sikap dan jiwa kesukarelawanan.

Kegiatan ini merupakan salah satu usaha Kemenpora guna melakukan penguatan dan pengembangan kepemimpinan di kalangan kaum muda, khususnya kepemimpinan berbasis keluarga.

Kepala Bidang Pengembangan Pemuda, Dispora Provinsi Kalsel, Heru Sasmianto menambahkan, peminat yang mengajukan proposal sekitar 20 pasangan dari 13 kabupaten/kota se Kalsel.

Namun demikian, setelah dilakukan peninjauan di lapangan dan mempertimbangkan anggaran yang ada, diputuskan 13 pasangan untuk diambil dan mengerucut jadi enam pasangan dan kegiatan ini hanya tingkat provinsi, karena tingkat nasional tahun 2021 dipendeng.

Sementara, Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalsel, M Syaripuddin, SE yang merupakan salah satu juri mengatakan, penilaian yang dilakukan juri meliputi berbagai aspek, mulai inovasi, ide kreatif yang dikerjakan, dampak sosial dan sebagainya.

Keputusan memilih pasangan dari Balangan sebagai juara pertama dengan pertimbangan bahwa keduanya sangat mendukung satu sama lain, memadukan keahlian si suami sebagai atlet dengan istrinya yang berporfesi sebagai guru.

Bang Din (sapaan akrabnya) mengharapkan pemenang bisa menjadi agen, minimal di daerahnya tinggal dan mereka bisa memberikan support kepada pemuda lain agar bisa menjalankan aktivitas sesuai keahlian dan bermanfaat untuk masyarakat luas. sal/adpim/ani