loader image

Sosialisasi Kerukunan Umat Beragama

F:\ARSIP WEBSITE MATA BANUA\2021\Juli\6 Juli 2021\4\sosialisasi.jpeg
SOSIALISASI – Wakil Wali Kota Banjarbaru Wartono menyampaikan sambutan saat membuka Sosialisasi Moderasi Beragama, Toleransi dan Kerukunan Umat Beragama pada kalangan ormas dan lembaga pendidikan oleh Pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama Kota Banjarbaru.

BANJARBARU – Wakil Wali Kota Banjarbaru Wartono SE menghadiri acara Sosialisasi Moderasi Beragama, Toleransi dan Kerukunan Umat Beragama pada kalangan ormas dan lembaga pendidikan oleh Pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama Kota Banjarbaru.

Acara yang digelar di Aula Linggangan Intan DPRD Kota Banjarbaru, turut dihadiri perwakilan Kantor Kementerian Agama Kota Banjarbaru, Ketua FKUB kota Banjarbaru H Muslih Emberi, perwakilan Badan Kesbangpol Kota Banjarbaru, para peserta sosialisasi, dan undangan lainnya.

Ketua Panitia Pelaksana Drs H Aride BR MM mengatakan, sosialisasi ini untuk memberikan pengetahuan/wawasan kepada para peserta dalam hal moderasi beragama dan arti pentingnya toleransi beragama, serta pentingnya umat beragama untuk saling menjaga kerukunan antar umat beragama.

Peserta sebanyak 40 orang terdiri dari pengurus FKUB Kota Banjarbaru, dengan narasumber dari Kemenag Banjarbaru, Badan Kesbangpol Kota Banjarbaru, dan Ketua FKUB Kota Banjarbaru.

Wakil Wali Kota Banjarbaru Wartono mengatakan, masyarakat Kota Banjarbaru adalah masyarakat majemuk, dimana terdapat perbedaan agama, suku dan etnis.

Perbedaan dan keanekaragaman ini sudah barang tentu memerlukan kebijakan dan toleransi bersama dalam menyikapinya, karena berpotensi menimbulkan kerawanan konflik di masyarakat.

Oleh karena itu, semua patut memberikan apresiasi atas inisiatif dilaksanakannya sosialisasi ini dalam rangka memupuk dan menumbuhkembangkan kerukunan umat beragama di daerah ini.

Untuk mencegah potensi perpecahan dan konflik demi kebaikan masyarakat dan daerah ini kedepannya, bersama merapatkan barisan dan kewaspadaan terhadap gejala perpecahan di tengah masyarakat, yang disebabkan oleh munculnya isu maupun oknum yang sengaja memecah persatuan di masyarakat.

Baca juga :  Enam Kelurahan Masuk Zona Hijau

Amanah ini bukan hanya tugas pemerintah atau aparat keamanan semata, melainkan juga tugas semua elemen masyarakat.

Menurut Wartono, peran tokoh agama dan tokoh masyarakat sangat penting dan strategis untuk menjadi pelopor, dalam menciptakan kerukunan umat beragama yang sejalan dengan salah satu misi Pemerintah Kota Banjarbaru yang sedang digiatkan, yakni memperkuat cipta kondisi masyarakat yang aman, nyaman dan tertib. hum/dio