loader image

5 Makanan yang Mengembalikan Indera Penciuman

D:\Data\Juli 2021\0207\Halaman 1-11 Jumat\5 makanan.jpg

Kehilangan indera penciuman dan perasa merupakan salah satu gejala umum yang timbul ketika terinfeksi Covid-19. Pada beberapa kasus, masalah kehilangan indera penciuman masih dialami pasien Covid-19 setelah dinyatakan sembuh. Berikut makanan yang mengembalikan indera penciuman.

Anosmia atau kehilangan indera penciuman bisa terjadi karena berbagai penyebab tidak hanya karena Covid-19, tapi juga alergi, batuk dan pilek, sampai sinusitis.

Berikut makanan yang mengembalikan indera penciuman, dirangkum dari berbagai sumber.

1. Bawang putih

Sifat anti-inflamasi yang kuat dari asam ricinoleic penyusun aktif dalam bawang putih mengurangi pembengkakan dan peradangan di dalam saluran hidung. Adanya sifat anti-bakteri menambah keuntungannya dengan membersihkan endapan dahak dari saluran hidung dan juga memudahkan pernapasan dengan memperlebar saluran hidung.

Pilihan Redaksi

Hancurkan 4-5 siung bawang putih dan tambahkan ke dalam secangkir air mendidih. Rebus selama dua menit, tambahkan sedikit garam. Minum ramuan tersebut selagi masih panas, dua kali sehari untuk mengembalikan indra penciuman.

2. Lemon

Kandungan vitamin C, antioksidan, dan sifat anti-mikroba yang kuat dalam lemon sangat penting dalam mengobati infeksi yang menyebabkan timbunan lendir berlebihan di saluran hidung yang diikuti dengan hidung berair yang tersumbat.

Peras jus satu lemon dalam segelas air hangat dan tambahkan satu sendok teh madu dan minum teh lemon ini dua kali sehari untuk menghilangkan tenggorokan dan hidung tersumbat.

Baca juga :  Akun Instagram BEM KM Unnes Hilang, Usai Sindir Ma'ruf Amin dan Puan

3. Daun mint

Kandungan mentol bio-aktif dalam daun mint menunjukkan sifat anti-mikroba dan anti-inflamasi yang memainkan peran penting dalam meredakan gejala batuk dan flu yang menyebabkan hidung tersumbat, tenggorokan dan rongga dada.

Rebus 10-15 daun mint dalam secangkir air. Saring dan minum campuran tersebut setelah diresapi dengan satu sendok madu untuk membuka hidung yang tersumbat dan mengembalikan indra penciuman.

4. Jahe

Gingerol, konstituen aktif jahe memberikan aroma dan rasa jahe yang khas yang membantu merangsang indera perasa dan meningkatkan indera penciuman.

Selain itu, sebagai ekspektoran alami, ini juga menunjukkan sifat anti-mikroba dan pereda nyeri yang ampuh yang membantu mengobati infeksi di saluran hidung dan membersihkan partikel rematik dari hidung.

Anda bisa mengonsumsi jahe dengan menyeduhnya menjadi teh atau mengunyahnya sedikit saja untuk meningkatkan indra penciuman Anda.

5. Cabe

Sebagaimana dilansir Times of India, cabai rawit atau bubuk cabai dapat membantu mengembalikan indra penciuman Anda yang hilang.

Meskipun ini bukan obat yang didukung oleh ilmu pengetahuan, manfaatnya terletak pada bahan kuat yang ada dalam rempah-rempah-capsaicin, yang dikatakan efektif “membersihkan” hidung tersumbat, mengaktifkan indera dan meningkatkan fungsi indera penciuman.

Ini juga sangat membantu dalam membasmi flu. Pastikan Anda mencampurnya dengan secangkir air atau menambahkan bahan pemanis seperti madu sebelum mengonsumsinya.

Setelah mengetahui lima makanan yang mengembalikan indera penciuman, cara lain yang dapat bantu menyembuhkan adalah dengan membersihkan hidung bagian dalam dan melakukan terapi penciuman.

Baca juga :  HSU Kembali Ketiga Kali Raih Kabupaten Kota Layak Anak

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Laryngoscope menyebut bahwa terapi penciuman smell training bisa membantu menyembuhkan indera penciuman yang hilang akibat covid-19.

“Smell training disebut bisa menyebabkan koneksi otak yang lebih baik,” ucap Thomas Hummel, penulis rekan dan profesor di Smell and Taste Clinic.cnn-i/ron