loader image

PSU Di Tapin Berjalan Aman Dikawal Aparat Gabungan

F:\ARSIP WEBSITE MATA BANUA\2021\Juni\11 Juni 2021\10\hal 10\tapin\--foto 03.jpg
OPERASI YUSTISI-Kapolsek Piani Ipda Agung Kadi Ananto SH bersama Kepala Desa Miawa saat melaksanakan operasi Yustisi bersama Tim Gabungan anggota Koramil Piani dan Satpol PP.

TAPIN – Pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2020 dilaksanakan Rabu (09/06/2021) kemarin dilakukan ditengah pandemi Covid-19.

Oleh karena itu Penerapan Protokol Kesehatan ( Prokes) menjadi hal wajib yang harus dilakukan di tempat pemungutan suara disejumlah TPS di daerah yang melangsungkan PSU Pilgub Kalimantan Selatan. Misalnya di TPS wilayah Kecamatan Binuang, Kabupaten Tapin.

Adapun tim gabungan yang terdiri dari Babinsa Kodim 1010/Tapin, Polres Tapin, dan Satpol PP Tapin juga ikut mengawal jalannya Protokol Kesehatan dalam PSU Pilgub 9 Juni ini.

Terlihat, calon pemilih diwajibkan mencuci tangan dengan sabun dan kucuran air sebelum masuk ke dalam TPS. Meeka wajib menggunakan sarung tangan plastik di tangan kanannya untuk memegang paku pencoblosan. Petugas TPS juga mengukur suhu tubuh, bilamana calon pemilih bersuhu tubuh di atas normal, maka disediakan bilik khusus.

Sementara itu dari hasil monitoring pelaksanaan PSU yang dipimpin Sekda Tapin bersama Dandim 1010 Tapin didampingi Asisten Ekobang, Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Kepala DPMD, Kepala Dinas Perhubungan, Kepala Bagian Hukum Setda Tapin dan komisioner KPU Tapin.

Hasil monitoring pelaksanaan PSU di TPS 05 dan TPS 07 kelurahan Raya Belanti dan di desa Tungkap, rombongan mampir di TPS 02 dan TPS 06 yang dilaporkan Sekda Tapin, pelaksaan PSU terpantau aman dan lancar.

Dari pengecekan saksi – saksi semua lengkap dan protokol kesehatan juga dilaksanakan dengan baik, karena terdapat tempat cuci tangan dan peserta yang mengikuti PSU juga menggunakan masker.

“Untuk pengamanan dari TNI dan Polri kita nilai juga sangat baik, mudah – mudahan semua berjalan dengan lancar sampai pengawalan kotak suara ke KPU Tapin,” papar Sekda Tapin.

Sementara itu, salah satu anggota pengamanan TPS 06 , tepatnya di Jalan A. Yani, RT 05, Desa Tungkap, Kopda Haris mengatakan pihaknya telah memastikan protokol kesehatan ditegakan saat pemungutan suara ulang.

“Sesuai Perintah Pimpinan, Kami bersama Polres Tapin dan Satpol PP menjaga protokol kesehatan ditiap – tiap proses pencoblosan, mulai dari pendaftaran hingga selesai pencoblosan,” ungkapnya.{[her/mb03]}