loader image

Program Saruntung, Disdukcapil Langsung Jemput Bola

F:\ARSIP WEBSITE MATA BANUA\2021\Juni\11 Juni 2021\10\hal 10\hsu\Hj Ida Rimaliana SE MAP.jpgAMUNTAI-Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), luncurkan program Memberikan Pelayanan Sehari Tuntung (Saruntung) kepada masyarakat untuk mempermudah perkara administrasi kependudukan.

Bahkan Disdukcapil bekerjasama dengan Pengadilan Negeri Amuntai langsung jemput bola langsung turun kelapangan untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat, pertama program Saruntung ini dilaksankan di Desa Sungai Namang Kecamatan Danau Panggang, kedua di Desa Rantawan Kecamatan Amuntai Tengah.

Plt Kepala Dinas Disdukcapil Kabupaten HSU Hj Ida Rimaliana SE MAP mengatakan, Disdukcapil langsung memberitaukan kepada kepala desa maupun masyarakat langsung, yang ingin merubah dokumen kependudukan yang memerlukan penetapan Pengadilan.

“Kita mengumpulkan permohonan, berdasarkan zona wilayah masing masing tuk dilakukan memverifikasi kelengkapan berkas setelah berkas lengkap, Disdukcapil memberikan surat pengantar disertai berkas permohonan masyarakat untuk dilakukan sidang,” ujarnya.

Terus ujarnya, setelah keluar putusan pengadilan, Disdukcapil langsung membuatkan tiga dokumen, diantaranya kartu keluarga, akta kelahiran, KIA bagi pemohon dibawah 17 tahun. Untuk usia 17 tahun, langsung dibuatkan KTP elektronik. “Kita langsung yang menyerahkan tiga dokumen sekaligus di desa tersebut,” teranganya.

Terus ujarnya, karena kondisi Covid19, diluncurkan program Saruntung. Tujuan untuk memberikan pelayanan administrasi kependudukan dan catatan sipil kepada masyarakat kabupaten HSU.

“Masyarakat tidak perlu datang ke Disdukcapil atau Pengadilan, kami yang melakukan jemput bola ke lapangan. Kita permudah pelayanan, Agar masyarakat sangat dimudahkan dari segi waktu dan biaya,” pungkasnya.(suf/mb03)