loader image

Pengembangan Pariwisata Perlu Dukungan Masyarakat

PARINGIN-Banyaknya objek wisata di Bumi Sanggam menjadi modal awal untuk dunia Pariwisata guna mendukung perekonomian daerah, namun hingga kini pengelolaan dinilai belum maksimal.

“Kendala utama pengelolaan Pariwisata selama ada pada anggaran,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Balangan Rody Rahmadi Noor.

Namun, Rody Rahmadi Noor mengatakan, pihaknya akan terus mengupayakan pengembangan dan pembangunan wisata walaupun secara perlahan.

Menurutnya, pengembangan pariwisata ini tak hanya terkait pemerintah, tetapi juga peran serta masyarakat sekitar.

Untuk itulah, dirinya meminta kepada aparat desa dan masyarakat mulai kembali memberikan perhatian lebih terhadap wisata yang ada di desanya.

“Dukungan Pemerintahan Desa atau masyarakat dalam pengembangan wisata bisa melalui penggunaan anggaran Dana Desa yang dimiliki untuk membangun fasilitas penunjang dalam pengembangan Objek Wisata yang dimiliki desa masing-masing,” sarannya.

Untuk Desa yang mempunyai objek wisata ini yakni, Desa Aniuangan Kecamatan Halong dengan wisata alam air terjun Manyandar, Desa Teluk Bayur Kecamatan Juai wisata religi datuk kandang haji, Desa Tundakan Kecamatan Awayan dengan wisata sejarah Benteng Tundakan, Desa Baruh Bahinu Dalam Kecamatan Paringin Selatan wisata alam Danau Baruh Bahinu, Desa Sumsum Kecamatan Tebing Tinggi wisata alam gunung Hantanung, Desa Ajung Kecamatan Tebing Tinggi wisata alam Gunung Hauk dan Desa Hujan Mas Paringin wisata religi Masjid syuhada.(sa/mb03}}