loader image

GOW Tala Gelar Pelatihan Kreasi Hantaran

PELAIHARI – Sebagai wujud kepedulian terhadap peningkatan kompetensi dan pemberdayaan wanita, khususnya dalam kerajinan tangan, Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Tanah Laut (Tala) menggelar Pelatihan Kerajinan Tangan Kreasi Hantaran.

Pelatihan kerajinan tangan kreasi itu mengambil tema “Wanita Menuju Kemandirian,” dan berlangsung di Aula Kecamatan Jorong, Selasa (8/6).

Ketua GOW Kabupaten Tala, Yati Oktoviana Abdi Rahman saat menyampaikan sambutan dan sekaligus membuka pelatihan mengungkapkan pentingnya seorang wanita untuk memperkaya keterampilan. Kreasi hantaran di Tala juga mulai banyak permintaan untuk itu peluang ini harus bisa dimanfaatkan.

“Pelatihan kreasi hantaran ini dilaksanakan untuk menambah dan meningkatkan keterampilan ibu-ibu dan peluang ini bisa dimanfaatkan untuk lebih produktif, khususnya di masa pandemi ini dan sebagai ibu rumah tangga dan wanita pada umumnya berpeluang membantu ekonomi keluarga,” ungkap Yati.

Pelatihan kerajinan tangan kreasi hantaran kali ini digelar GOW Tala bekerjasama dengan Tim Penggerak (TP) PKK Kecamatan Jorong dan turut berpartisipasi sebagai peserta pelatihan adalah ibu-ibu kader PKK dan warga sekitar Kecamatan Jorong.

Yati Oktoviana mengajak para wanita Tala untuk memanfaatkan kesempatan dan peluang seperti kreasi hantaran yang seiring waktu mulai ramai peminat dalam setiap acara pernikahan.

Dengan mengikuti pelatihan keterampilan yang digelar, tentunya semakin menambah inspirasi dan kreatifitas dalam merangkai hantaran.

Selain dapat membantu perekonomian keluarga, usaha kreasi hantaran juga berpeluang mendukung perekonomian Tala di sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

“Mari kita sama-sama memperkaya wawasan dan keterampilan yang produktif dan apabila ibu-ibu sekalian berhasil merintis peluang usaha ini, insya Allah bisa meningkatkan perekonomian keluarga dan ikut mengembangkan perekonomian di Tala,” pungkasnya.

Turut berhadir Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Jorong, Sari Hijrianti Alfan, Zia Wedding sebagai narasumber pelatihan kreasi hantaran, kader PKK Kecamatan Jorong dan warga sekitar. ris/ani