loader image

Partisipasi Pemilih di PSU Cukup Baik

F:\ARSIP WEBSITE MATA BANUA\2021\Juni\10 Juni 2021\Halaman 1-11 Kamis\foto 1.JPG
Pj Gubernur Kalsel Safrizal ZA bersama Kapolda Kalsel, Irjen Polisi Rikwanto dan Danrem 101 Antasari, Brigjen TNI Firmansyah tampak berbincang serius dengan Bupati Banjar, H Saidi Mansur di sela pemantauan TPS 07 Tanjung Rema, Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar.

MARTAPURA – Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Selatan, Safrizal ZA menilai partisipasi pemilih yang menggunakan hak suaranya pada pemungutan suara ulang (PSU) pemilihan gubernur dan wakil gubernur (Pilgub) Kalsel cukup baik.

“Kalau kita lihat walaupun proses pencoblosan belum berakhir namun tingkat kehadiran sudah lebih dari 50 persen, padahal masih ada waktu untuk pencoblosan dan warga telah menerapkan protokol kesehatan,” katanya disela memantau TPS 07 Tanjung Rema, Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar, Rabu (9/6).

Saat melakukan pemantauan TPS 07 Tanjung Rema tersebut, Pj Gubernur Kalsel bersama rombongan disambut Bupati Banjar, H Saidi Mansur bersama unsur Forkopimda setempat.

Menurut Safrizal, berdasarkan laporan KPPS setempat hingga pukul 11.00 Wita, jumlah pemilih yang datang menggunakan hak suaranya sekitar 140-an dari sekitar 257 pemilih yang tercantum dalam daftar pemilih tetap (DPT).

Pj Gubernur juga menilai penerapan protokol kesehatan juga sudah baik dan pelaksanaan PSU Pilgub Kalsel berjalan aman lancar dan damai.

“Dari laporan sementara tidak terjadi hal yang mengganggu kelancaran pencoblosan di sejumlah TPS pada pelaksanaan PSU dan warga tertib, aman dan damai. “Saya berharap warga yang mencoblos pergi sehat pulang sehat,” kata Safrizal.

Dia mengatakan, masyarakat juga sudah menggunakan masker sejak dari rumah, walaupun di TPS sudah disediakan masker.

Setelah proses pencoblosan akan dimulai penghitungan suara oleh KPPS. “Kita berharap siapapun nantinya yang terpilih dalam PSU kali ini adalah cerminan suara masyarakat,” pungkas Safrizal.

Sebelumnya, Safrizal bersama rombongan juga memantau pencoblosan di TPS 07 di Halaman Parkir Gedung Mapenda Kemenag Kalsel di Jalan Raya Banjar Indah Permai, Kecamatan Banjarmasin Selatan, Kota Banjarmasin.

Turut mendampingi Pj Gubernur Kalsel pada pemantauan sejumlah TPS yang melaksanakan PSU Pilgub Kalsel itu, Ketua KPU RI, Ilham Saputra, Ketua Bawaslu RI, Abhan, pejabat dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Selain itu, Ketua DPRD Provinsi Kalsel, H Supian HK, Kapolda Kalsel, Irjen Polisi Rikwanto, Danrem 101 Antasari, Brigjen TNI Firmansyah, Kepala Kejaksaan Tinggi Kalsel, Rudi Prabowo Aji, SH, MH, Kabinda Kalsel, Brigjen Polisi Winarto.

Kemudian, Sekdaprov Kalsel, Roy Rizali Anwar, Ketua KPU Provinsi Kalsel, Sarmuji, Ketua Bawaslu Provinsi Kalsel, Erna Kasypiah, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Kalsel, H Heriansyah. ary/ani