loader image

Bupati Lantik Lima Pengurus FKUB

F:\ARSIP WEBSITE MATA BANUA\2021\Juni\10 Juni 2021\12\hal 12\kontrak.jpeg
LANTIK – Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani saat melantik pengurus FKUB Lima kecamatan di Tabalong yang bertempat di Aula Pendopo Bersinar, Pembataan, Murung Pudak, Tabalong, Rabu (9/6).

TANJUNG – Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani melantik pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) di lima kecamatan, dan orientasi tugas pokok serta fungsi pengurus kecamatan periode 2021-2023 di aula Pendopo Bersinar, Pembataan, Murung Pudak, Tabalong, Rabu (9/6).

Lima kecamatan tersebut yaitu, Kecamatan Muara Uya, Upau, Haruai, Tanta dan Kecamatan Murung Pudak.

Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan, pengurus FKUB kecamatan ini mempunyai peran penting dalam tatanan kehidupan di kecamatan. Baik dalam kehidupan beragama, maupun dalam kehidupan masyarakat secara umum.

Selain itu, pengurus FKUB kecamatan juga berperan dalam menyebarluaskan penegakan pelaksanaan protokol kesehatan (prokes) Covid-19.

“Peran Pengurus FKUB, meliputi semua bagian. Termasuk dalam memberikan edukasi ke masyarakat, dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19,” kata Anang.

Bersama dengan Forkopimca, pengurus FKUB kecamatan dapat bersinergi dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di kecamatan.

Ketua FKUB Kabupaten Tabalong, Zulfansyah Rani mengatakan, terbentuknya FKUB di lima kecamatan ini, merupakan hasil dialog dan kerjasama dengan Kapolsek, Danramil, Toga, dan pemuka agama di kecamatan masing-masing.

Ia mengungkapkan, keberadaan FKUB diharapkan bisa menangkal berita atau informasi bohong yang dapat meresahkan masyarakat.

“Untuk itu, perlu upaya nyata dalam memelihara kerukunan dengan memperbanyak tokoh-tokoh kerukunan, yang handal dan punya semangat tinggi,” ujarnya.

Pada kegiatan ini, Zulfansyah juga menyampaikan beberapa kendala dan hambatan tugas FKUB Tabalong. ia pun berharap semoga FKUB diberikan dukungan untuk kelancaran, baik di kecamatan maupun di kabupaten.

Terpisah, Kapolres Tabalong AKBP M Muchdori, melalui Kasubag Humas Polres Tabalong Iptu Mujiono menyampaikan, Polres Tabalong selalu siap mendukung Program Pemerintah Kabupaten Tabalong.

“Semoga dengan pelantikan pengurus FKUB kecamatan ini, dapat mewujudkan kamtibmas Tabalong tetap aman dan kondusif,” ujarnya. rls