loader image

Bupati dan Wakil Panen Perdana Tanaman Hidroponik

F:\ARSIP WEBSITE MATA BANUA\2021\Juni\10 Juni 2021\4\tala.JPG
PANEN – Bupati Tanah Laut (Tala), HM Sukamta dan Wakil Bupati, Abdi Rahman saat panen tanaman sayur Hidroponik.

PELAIHARI – Bupati Tanah Laut (Tala), HM Sukamta bersama Wakil Bupati, Abdi Rahman melakukan panen perdana tanaman hidroponik di Greenhouse Berseri SMAN 1 Pelaihari, Selasa (8/6).

Sukamta mengapresiasi adanya Greenhouse yang dimiliki SMAN 1 Pelaihari yang berstatus Sekolah Adiwiyata tersebut. “Produksi sayur dari Greenhouse yang menggunakan sistem tanam hidroponik ini jauh lebih baik karena tidak menggunakan pupuk berbahan kimia serta bebas dari hama tanaman dan hasilnya juga berupa sayur organik yang sangat sehat bagi tubuh manusia,” ujarnya.

Sukamta menambahkan apa yang dilakukan SMAN 1 Pelaihari bukan cuma memberikan pendidikan secara keilmuan, namun juga keterampilan dalam menghadapi kehidupan yang akan datang setelah lulus sekolah nanti.

Selain pendidikan untuk para siswa, katanya, hal itu juga menjadi peluang usaha bagi para guru yang akan memasuki usia pensiun.

“Saya kira nanti kalau sudah pensiun jangan beli sawah atau kebun yang luas, karena capek ngurusnya mending bikin hidroponik bisa ditaruh di samping rumah dan mudah mengurusnya,” tuturnya.

Bupati juga mengatakan poteni ekonomi dari tanaman hidroponik sangat menggiurkan, apalagi untuk sayuran organik di pasar-pasar retail harganya lebih tinggi dari sayuran biasa dan permintaannya sangat tinggi sekarang ini.

“Peluang bisnis tanaman hidroponik ini sangat menggiurkan, saya harapkan masyarakat memanfaatkan pekarangan atau lahan milik mereka sehingga nanti sayuran organik dari kita membanjiri pasar retail seperti hypermart, lotte mart, alfamart dan indomaret,” harapnya. ris/ani