loader image

Atlet dan Pelatih Cabor Unggalan PON XX Diberikan Latihan Mental dan Psikolog.

H:\9\ft brita iin.jpg
works shop psikologi – Para atlet dan pelatih jalani works shop psikologi sebagai persiapan PON XX di Papua

BANJARMASIN – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalimantan Selatan menggelar Workshop untuk Pelatih dan Atlet sebagai persiapan jelang PON XX.

Sekitar 35 Pelatih dan atlet dari cabang olahraga (cabor) unggulan yang mengikuti work shop peningkatan mental psikologi.

Kepala Dispora Kalsel, Hermansyah mengungkapkan mengingat event pelaksanaan PON XX di Papua yang tinggal tiga bulan lagi, maka pihaknya juga harus melakukan berbagai persiapan agar siap tanding. Diantaranya selain rutin melakukan latihan fisik, latihan mental dan psikologis juga harus diperhatikan.

” Sisa waktu tiga bulan ini. Sisa masa ini adalah masa krusial yang semangatnya bisa naik turun,”ungkap Hermansyah, di Banjarmasin, Senin (7/6).

Mantan Camat Banjarmasin Timur ini kembali menjelaskan bahwa pelatihan psikolog ini melatih para pelatih dan atlet dalam memompa memotivasi semangat atlet dalam menghadapi PON XX di Papua yang siap dilangsungkan 2021 ini.

“Kami sengaja melatih mental dan psikologi para pelatih dan atlet agar semangat mereka nanti terus menggelora hingga para pelaksanaan PON XX,”ujarnya.

Ia mengatakan, pelatihan psikolog diberikan agar para pelatih dan atlet PON juga penting mengingat event olahraga yang akan dihadapi ini merupakan event Nasional.

Untuk pembekalan psikologis ini, Dispora sengaja mendatangkan psikolog nasional dengan harapan pada pelatih dan atlet pada PON XX di Papua bisa

Kabid Peningkatan Prestasi Dispora Kalsel, Fitri Hernadi menjelaskan workshop atlet dan pelatih ini merupakan koloborasi antara WASAKA, KONI dan Dispora Kalsel sebagai upaya meningkatkan mental dan psikologi atley dan pelatih dalam persiapan tanding pada PON XX nanti.

“Psikologi ini adalah penting sebagai bagian dari pemberian pengaruh positif terhadap semangat dan mental mereka yang akan ikut tanding,”ujar Fitri.

Untuk nara sumber workshop psikologis ini sengaja mendatangkan psikolog Dispora pusat dan memiliki pengalaman mendampingi atlet nasional dan Internasional. “Inj juga bagian dari program kita memperkenalkan psikolog di olahraga karena rencananya setiap cabor dapat didampingi psikolog untuk bisa melatih mental para atlet,”demikiannya. Via