loader image

Bank Kalsel Luncurkan Kampanye Ramah Lingkungan

BANJARMASIN – Perbankan merupakan industri yang bergerak sangat dinamis, yang ditandai dengan semakin meningkatnya kompleksitas usaha, persaingan yang semakin kompetitif, peran digitalisasi yang kian berkembang, maupun karakter masyarakat yang semakin kritis, cerdas dan aware dalam menanggapi kualitas perusahaan ataupun terhadap produk dan layanan yang dita­war­kan.

Tak terkecuali Bank Kalsel, secara simultan memitigasi dinamika tersebut sebagaimana visinya untuk menjadi bank yang kuat, kompetitif dan berkontribusi dalam mendorong pembangunan ekonomi nasional. Saat ini, Bank Kalsel telah memposisikan diri sebagai lembaga jasa keuangan yang mampu bersaing dengan perbankan lainnya.

Keberhasilan ini tentunya harus berjalan seimbang dengan dampak lingkungan dan sosial dari aktivitas bisnis yang dilakukan. Sumber daya yang terjaga melalui pen­da­ya­gu­naan yang terkendali dapat menjamin keberlanjutan usaha Bank Kalsel di masa depan.

Sebagai bentuk kepedulian terhadap pelestarian lingkungan dan tindaklanjut atas Rencana Aksi Keuangan Berkelanjutan (RAKB), melalui program CSRnya (Cor­po­ra­te Social Responsibility) Bank Kalsel meluncurkan program “Kampanye Ramah Lingkungan” yang dibungkus dalam hashtag #KRLbankkalsel dan #Me­nu­ju­Ba­nuaLestari. Program ini sendiri diluncurkan sekaligus menyambut Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada tanggal 5 Juni 2021.

Plt. Direktur Utama Bank Kalsel, IGK Prasetya, menuturkan bahwa #KRLbankkalsel di­lun­cur­kan sebagai wujud kepedulian Bank Kalsel untuk mendukung pelestarian lingkungan, khususnya di wilayah Kalimantan Selatan.

“Sebagai entitas bisnis daerah, sudah menjadi kewjiban bagi kami untuk berkontribusi terhadap daerah, salah satunya adalah dengan turut berperan menjaga kelestarian lingkungan. Program ini secara resmi kami galakkan sejak hari ini sekaligus menyambut Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada tanggal 5 Juni” jelas Prasetya.

Selanjutnya, Kepala Divisi Corporate Secretary, Suriadi, mengutarakan harapannya untuk kesuksesan dari program #KRLbank­kalsel dalam rangka #MenujuBanuaLestari serta memproklamirkan Bank Kalsel sebagai “Green Banking”.

“Menjadi ‘Green Banking’ sebagai bank yang peduli ling­kungan, merupakan tujuan kami me­luncurkan program #KRLbankkalsel. Program ini selanjutnya diterjemahkan dalam beberapa sub program, diantaranya pengurangan penggunaan kantong plastik (Say No To Plastic), penerapan tempat sampah pilah (Pilah & Olah), dan penghematan sumber daya listrik dan air (Save Energy & Water). Tentunya tidak hanya terbatas pada itu saja, berbagai s program akan terus kami lakukan dalam rangka mendukung aktivitas pelestarian lingkungan” terang Suriadi.

Sub program pertama yang akan dilakukan adalah pengurangan penggunaan kantong plastik (Say No To Plastic). Atas hal ini, Bank Kalsel akan memberlakukan pembatasan penggunaan kantong plastik dalam melakukan aktivitas transaksi di jaringan Kantor Bank Kalsel. rep/mb06