loader image

Perahu Karet Diterjunkan

F:\ARSIP WEBSITE MATA BANUA\2021\Mei\19 Mei 2021\10\hal 10\lintas\lin 2.jpg
EVAKUASI-Petugas BPBD Tanbu melakukan evakuasi ibu hamil pada saat banjir di Desa Sinar Bulan Kec. Satui.

BATULICIN – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menurunkan perahu karet untuk evakuasi korban banjir di Kecamatan Satui.

Kepala Pelaksana BPBD Tanbu, Eryanto Rais, belum lama tadi, mengatakan pada saat banjir di Kecamatan Satui pihaknya menurunkan perahu karet sebagai bentuk pelayanan kepada korban banjir.

“Selain menyalurkan logistik, BPBD juga menurunkan perahu karet untuk evakuasi korban banjir,” ujar Eryanto, seraya mengatakan dalam hal penanganan bencana ini BPBD bertugas sebagai komando, evakuasi, dan pelaksana dilapangan.

Pada saat evakuasi, kata Eryanto, pihaknya memprioritaskan pada anak-anak, ibu hamil, dan lansia.

Evakuasi yang kami lakukan berdasarkan laporan dari pihak desa setempat. Ada sebanyak 3 (tiga) perahu karet yang diturunkan pada saat banjir tersebut.

Sementara itu, bantuan logistik dari BPBD Tanbu yang di distribusikan berupa beras 20 sak ukuran 10 kg, minyak goreng 36 bks ukuran 1 liter, sarden 60 kaleng, mie instan 20 dos, gula pasir 24 kg, kopi 20 bks, saos 24 botol, kecap 24 botol, dan air mineral 37 dos.

Selain bantuan dari BPBD Tanbu, BPBD Provinsi Kalsel juga menyerahkan bantuan logistik berupa makanan siap saji, makanan tambahan gizi, lauk pauk, selimut, dan tikar yang nilainya jika diuangkan sebesar Rp. 53.804.862.

Pada penanganan banjir ini pula, sambung Eryanto, pihaknya juga terus berkoordinasi dengan SKPD terkait seperti Dinas Sosial untuk dapur umum, Dinas Kesehatan untuk tenaga medis dan obat-obatan, Dinas Pertanian, Dinas Perkimtan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, serta dinas lainnya. Kemudian, Kepolisian, TNI, Basarnas, Relawan, dan pihak lainnya.

Baca juga :  E-paper Harian Pagi Mata Banua Kamis, 24 Juni 2021

Terkait dapur umum, ada sebanyak 16 dapur umum yang dibuka. Selain yang dikelola oleh Pemda, masing-maskng desa dan RT juga mendirikan dapur umum. Bahkan, BPBD Prov Kalsel juga membuka satu dapur umum.{[alf/mb03]}