loader image

Luar Biasa, Minyak Zaitun Ternyata Bisa Bikin Kulit Awet Muda

D:\Data\Mei 2021\1705\Halaman 1 -11 Ronny terbit Senin\luar biasa.jpg

TIDAK disangka bahwa minyak zaitun atau olive oil memiliki banyak manfaat kesehatan untuk tubuh manusia. Khasiatnya bisa dirasakan mulai bagian luar hingga dalam tubuh.

Minyak zaitun sendiri merupakan minyak yang didapat dari buah zaitun. Pohon buah zaitun dikenal tumbuh lambat dan memiliki batang keriput berwarna abu-abu yang ramping dengan cabang pecah-pecah.

Minyak zaitun banyak digunakan sebagai bagian dari bahan masakan atau makanan karena dipercaya memberikan sejumlah manfaat kesehatan. Minyak zaitun juga mempunyai banyak nutrisi ketika dikonsumsi.

Selain dikonsumsi untuk makanan dan sebagainya, minyak zaitun ternyata juga memiliki kegunaan untuk kulit. Bahkan, minyak zaitun diyakini bisa bikin awet muda lho.

Lantas, apa saja ya manfaat minyak zaitun? Berikut penjelasannya, sebagaimana dilaporkan laman Medical News Today.

1. Bikin awet muda

Minyak zaitun berperan sebagai antioksidan, yaitu zat yang mencegah oksidasi. Oleh karena itu, ketika dioleskan ke kulit, antioksidan ini dapat mencegah penuaan dini. Hal tersebut diperkuat penelitian yang menemukan bahwa mengoleskan minyak zaitun pada kulit setelah paparan sinar matahari dapat melawan sel-sel penyebab kanker.

2. Sembuhkan luka

Minyak zaitun adalah pelembap alami yang sering digunakan untuk melembutkan kulit. Selain itu, minyak dari buah zaitun ini telah terbukti memiliki sifat antibakteri sehingga dapat digunakan untuk mengobati infeksi bakteri pada kulit, seperti halnya luka atau bekas luka.

Tetapi sebelum lebih sering menggunakan minyak zaitun pada wajah dan bagian kulit lainnya, sebaiknya Anda mengujinya untuk mengetahui apakah memiliki alergi atau tidak cocok dengan penggunaan minyak zaitun.

3. Mengatasi masalah kulit

Minyak zaitun mengandung ragam vitamin yang bermanfaat untuk kulit. Mulai vitamin A, D, E, hingga K yang larut dalam lemak. Sejumlah vitamin tersebut kemungkinan mempunyai manfaat untuk mengatasi masalah kulit. Pasalnya, minyak vitamin E yang digunakan secara topikal dapat mengobati berbagai kondisi kulit, termasuk psoriasis dan eksim.okz/ron