loader image

Ini Dia 5 Tips Sederhana Cegah Sakit Asam Urat

D:\Data\Mei 2021\1705\Halaman 1 -11 Ronny terbit Senin\ini dia.jpg

BANYAK orang menderita sakit asam urat. Ini diakibatkan limbah alami dari pencernaan makanan. Asam urat adalah senyawa yang mengandung purin. Ada banyak makanan mengandung purin dengan kadar tinggi, seperti kacang kering, sarden, serta daging-daging tertentu.

Purin juga terbentuk kemudian dipecah di dalam tubuh. Tubuh biasanya menyaring asam urat melalui ginjal dan urine. Jika mengonsumsi terlalu banyak purin dalam makanan, atau bila tubuh tidak dapat membuang produk sampingan ini dengan cukup cepat, asam urat dapat menumpuk di dalam darah.

Tingkat asam urat yang tinggi dikenal sebagai hiperurisemia. Hal ini dapat menyebabkan penyakit yang disebut asam urat yang menyebabkan nyeri sendi yang menumpuk kristal urat. Itu juga bisa membuat darah dan urine terlalu asam.

Asam urat dapat terkumpul di tubuh karena berbagai alasan. Beberapa di antaranya adalah diet, genetika, obesitas atau kelebihan berat badan, dan stres. Berikut cara alami menurunkan kadar asam urat dalam tubuh, seperti dinukil dari Healthline.

1. Hindari makanan manis

Sementara asam urat biasanya dikaitkan dengan makanan kaya protein, penelitian terbaru menunjukkan bahwa gula juga bisa menjadi penyebab potensial. Gula yang ditambahkan ke makanan antara lain gula meja, sirup jagung, dan sirup jagung fruktosa tinggi adalah jenis utama gula sederhana dalam makanan olahan.

Para peneliti telah menemukan bahwa jenis gula khususnya dapat menyebabkan asam urat tingkat tinggi. Periksa label makanan untuk gula tambahan. Makan lebih banyak makanan utuh dan lebih sedikit makanan kemasan olahan juga dapat membantu mengurangi gula sekaligus memungkinkan Anda mengonsumsi makanan yang lebih sehat.

2. Batasi makan daging

Anda bisa membatasi sumber asam urat dalam makanan. Makanan kaya purin termasuk beberapa jenis daging, makanan laut, dan sayuran. Semua makanan ini mengeluarkan asam urat saat dicerna. Hindari atau kurangi asupan makanan seperti daging organ, babi, ikan, kerang, daging domba, daging sapi muda, kembang kol, kacang hijau, kacang kering, dan jamur.

3. Menurunkan berat badan

Seiring dengan diet, berat badan ekstra dapat meningkatkan kadar asam urat. Sel lemak menghasilkan lebih banyak asam urat daripada sel otot. Selain itu, membawa berat badan ekstra akan mempersulit ginjal untuk menyaring asam urat. Menurunkan berat badan terlalu cepat juga dapat memengaruhi level.

Jika kelebihan berat badan, sebaiknya hindari diet iseng dan diet ketat. Bicaralah dengan ahli gizi tentang diet sehat dan rencana penurunan berat badan yang dapat Anda ikuti. Dokter dapat merekomendasikan target berat badan yang sehat untuk tipe tubuh Anda.okz/ron

Selain Enak Dikonsumsi, Madu Juga Bisa Obati Jerawat di Wajah

KULIT wajah cerah dan sehat adalah idaman semua orang. Ini ternyata bisa didapat dari penggunaan madu. Ya, madu bisa digunakan untuk mencerahkan kulit wajah dan kesehatan lainnya.

Madu memang terkenal memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh manusia. Sebab, madu mengandung banyak mineral dan memberikan manfaat kesehatan secara keseluruhan, termasuk kulit.

Anda juga bisa menjadikan madu sebagai masker wajah dengan mengoleskannya ke kulit. Tunggu 30 menit dan bersihkan dengan air.

Lantas, apa saja khasiat madu untuk kesehatan kulit, terutama kulit wajah? Simak daftarnya, seperti dirangkum dari Healthline.

1. Menghilangkan bekas luka

Jika Anda mempunyai bekas luka di wajah, madu alami bisa membantu menghilangkannya. Anda dapat menggunakan madu sebagai perawatan noda pada bekas luka dengan mengoleskannya setiap hari atau menjadikannya masker.

Tetapi perlu diingat bahwa apa penyembuhan madu untuk bekas luka itu terbatas, dan masih terus membutuhkan penelitian. Bahkan ada pula penelitian yang menemukan bahwa madu kemungkinan tidak baik untuk jaringan parut yang disebabkan oleh luka bakar dan luka dalam.

2. Atasi jerawat hingga eksim

Madu dapat digunakan untuk kondisi kulit yang kronis seperti jerawat, psoriasis, hingga eksim. Namun ingat, hal penting adalah menggunakan madu yang tidak dipasteurisasi, seperti madu manuka.

Cara menggunakan madu untuk wajah dengan mencampurnya bersama bahan lain untuk membuat perawatan masker wajah yang menenangkan. Misalnya, madu mentah dan bubuk kayu manis sebagai kombinasi antioksidan dan antimikroba.

3. Mencerahkan kulit

Manfaat berikutnya adalah masker madu bisa mencerahkan kulit. Sebab, madu rupanya memiliki khasiat pengelupasan, sehingga menggunakannya di wajah bisa menghilangkan sel-sel kulit mati yang membuat wajah terlihat kusam.

Cara menggunakannya, setelah mencuci muka dengan sabun dan air, oleskan madu manuka atau jenis madu mentah yang tidak dipasteurisasi ke wajah Anda. Biarkan madu di kulit Anda selama beberapa menit sebelum dibilas. okz/ron