loader image

Mantan Kades Siap Disidangkan

AMUNTAI – Mantan Kepala Desa (Kades) Sungai Janjam Kecamatan BabirikHulu Sungai Utara (HSU), Ansyari alias Aan (52), terdakwa kasus tipikor dana desa Ansyari alias Aan (52), kini sudah dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor Banjarmasin.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) HSU, Novan Hadian melalui Kasi Pidsus Kejari HSU, Muh Fadly Arby ketika dikonfirmasi wartawan melalui telepon selulernya membenarkan, pihaknya telah menerima pelimpahan kasus tipikor dari Polres HSU, dan kini berkasnya sudah dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor Banjarmasin.

“Iya, berkas korupsi dana desa oleh oknum Kades ini sudah kita limpahkan ke Pengadilan Tipikor Banjarmasin bersamaan dengan pelimpahan kasus tipikor WC Sehat Perkotaan, pada Kamis (22/4),” ujarnya kepada wartawan.

Kasus korupsi dana Desa Sungai Janjam yang dilakukan oleh mantan kepala desa Aan, terkait penyalahgunaan pengelolaan Dana Desa (DD) TA 2018 dan TA 2019 di Desa Sungai Janjam Kecamatan Babirik Kabupaten HSU.

Dari hasil pemeriksaan atas proyek desa ini, ditemukan penyelewengan berupa mark-up upah pekerjaan tukang, pengerjaan fiktif sebesar Rp 487.306.952, hingga menyebabkan kerugian negara.

Adapun tahun kegiatan proyek dari dana desa tahun 2018 sebesar Rp 677.953.000, tahun 2019 menggunakan dana desa Rp 741.652.000. Kedua dana desa tersebut bersumber dari APBN.

Sementara pekerjaan yang dimark-up kepala desa di antaranya, bidang pembangunan, pengadaan WC, pengadaan tong sampah, penerangan listrik, dan pembuatan kanopi.

Baca juga :  Bupati Kapuas Gratiskan Pembayaran PDAM

Berdasarkan Laporan Hasil Audit Investigasi Atas Pelaksanaan Kegiatan Fisik Yang Bersumber Dari Dana Desa (DDS) pada Desa Sungai Janjam Kecamatan Babirik Kabupaten HSU Nomor : LHAI – 222 / PW16 / 5 / 2020 tanggal 24 September 2020, negara mengalami kerugian sebesar Rp 487.306.952.

Sebelumnya, Aan diamankan Unit Tipikor dan Unit Opsnal Sat Reskrim Polres Hulu Sungai Utara (HSU), di sebuah rumah di Desa Babai RT 20, Kecamatan Kurau Kuala, Kabupaten Barito Selatan, Kalteng. rls