loader image

BPOM Sosialisasi Kemanan Obat dan Makanan di Kampus STIA Amuntai

F:\ARSIP WEBSITE MATA BANUA\2021\April\16 April 2021\10\hal 10\hsu\hsu 1.jpg
SOSIALISASI-Kepala BNN Kabupaten HSU H Syamsudin Sampai materi sosialisasi dihadapan mahasiswa STiA Amuntai.

AMUNTAI – BPOM Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), memberikan sosialisasi kemananan obat dan makanan di Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Amuntai kemarin, Kamis (15/4)

BPOM Kabupaten HSU melaksanakan sosialisasi mengakat tema generasi muda sehat tanpa ngobat.

Vrisca Geri Asa Hardian, SKM memberikan materi tentang Generasi Muda Sehat Tanpa Ngobat, Riadhatul Azizah, S.Farm., Apt memberikan materi mengenai Penggolongan Obat, serta kepala BNN Kabupaten HSU H.Syamsudin, S.E memaparkan materi tentang Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GB) Bagi Generasi Muda.

Adpaun jumlah peserta yang mengikuti kegiatan sebanyak 40 mahasiswa. Kegiatan berlangsung dengan interaktif, banyak mahasiswa yang bertanya. Siswa yang aktif akan diberikan gimmick berupa, gantungan kunci, mug, dan lain sebagainya, serta diberikan Pretest dan Post Test untuk mengukur pengetahuan mahasiswa.

Pada kesempatan itu pula dilakukan pengujian dengan menggunakan mobil laboratorium keliling dan Rapid Test Kit (Rhodamin B, Methanyl Yellow, Formalin dan Boraks) terhadap 12 sampel yang terdiri dari pentol, saos, tahu, sempolan, es sirup, siomay dan lain sebagainya. Dari hasil pengujian didapatkan semua sampel memenuhi syarat (MS) atau aman untuk dikonsumsi.

Sementara itu, Badan POM di Kabupaten HSU menghimbau para Mahasiswa dan masyarakat untuk smart sebelum membeli obat-obatan. Sekarang ini marak beredar obat palsu dan illegal yang bebas dibeli dimana saja. Untuk itu sebagai konsumen harus cerdas dan melakukan Cek KLIK yaitu Cek Kemasan, Label, Izin Edar, dan Kedaluwarsa. (suf/mb03)