loader image

Slamet Riyadi Pimpin Basarnas Banjarmasin

SERAH TERIMA – Kepala Basarnas Banjarmasin yang baru Slamet Riyadi menerima tongkat komando dari Sunarto yang kini dipercaya sebagai Kepala Basarnas Jayapura. istimewa

BANJARBARU – Slamet Riyadi SH resmi menjabat Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Banjarmasin, setelah mengikuti acara serah terima jabatan Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Banjarmasin.

Berbeda dengan acara sebelumnya, kali ini langsung disaksikan seluruh personel dan Kepala Biro Hukum dan Kepegawaian Pusat di Jakarta secara virtual di Halaman Kantor Pencarian dan Pertolongan Banjarmasin, Kamis (25/2).

Kepala Kantor Basarnas Banjarmasin yang baru Slamet Riyadi, sebelumnya bertugas di Basarnas Pusat di Jakarta sebagai Kasi Standardisasi Direktorat Sarpras Basarnas.

Slamet Riyadi resmi menggantikan Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Banjarmasin sebelumnya, Sunarto S IAN, yang berpindah tugas ke Kantor Basarnas Jayapura.

Pergantian tersebut berdasarkan surat keputusan Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP) Nomor : SK.KBSN-04/KP.03.06/VII/BSN- 2020 tentang Pengangkatan, Pemindahan, dan Pemberhentian dari dan dalam Jabatan.

Kepala Biro Hukum dan Kepegawaian Nur Isrodin mengatakan, rotasi dan perpindahan jabatan dalam sebuah organisasi merupakan hal wajar dan perlu dilakukan, mengingat kedepannya tuntutan pekerjaan akan semakin kompleks.

Apa yang sudah baik dilakukan oleh kepala kantor yang lama, terus dilakukan dan untuk pekerjaan yang belum diselesaikan, agar segera diselesaikan dengan baik.

“Saya yakin dengan semangat Profesional, Sinergi dan Militan (PSM) yang kita miliki, semua pekerjaan dan tuntutan akan dapat dilaksanakan dengan baik,” ujarnya.

Baca juga :  RSUD Ulin Siapkan Ruang untuk Pasien Corona

Perlu diketahui, Badan SAR Nasional atau biasa dikenal Basarnas diubah namanya menjadi Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP), berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 83 Tahun 2016 yang ditandatangani Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Kepala kantor pencarian dan pertolongan Banjarmasin Slamet Riyadi mengatakan, Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan atau lebih dikenal dengan Basarnas mempunyai tugas pokok melaksanakan pembinaan, pengkoordinasian, dan pengendalian potensi SAR dalam kegiatan SAR, terhadap orang dan material yang hilang atau dikhawatirkan hilang atau menghadapi bhaya dalam pelayaran dan/atau penerbangan, serta memberikan bantuan dalam bencana.

“Jadi, operasi SAR yang selama ini dilakukan, akan terus menjadi fokus terpenting kita nantinya,” ujarnya. ril/dio