loader image

Produsen Daging Meksiko Bidik Indonesia

JAKARTA – Lembaga ser­ti­fi­ka­si halal baru di Meksiko men­ya­sar ekspor daging halal ke In­do­nesia. Halal Quality Mexico ya­ng baru berdiri pada Juli 2019 akan menyasar negara Muslim se­iring dengan perkembangan pas­ar yang terjadi dalam beberapa ta­hun terakhir.

Pendiri Halal Quality Mek­si­ko, Fitra Ismu Kusumo berasal da­ri Indonesia. Ia mendirikan lem­baga sertifikasi halal tersebut se­te­lah bekerja di Kedutaan Besar In­donesia di Meksiko selama sem­bilan tahun dan mendapat pe­ng­alaman terkait industri.

Ia bergabung dengan Or­ga­ni­zación Mexicana de Cer­ti­fi­ca­ció­n Ganadera y Alimentaria A.C. (OMECEGA) dan juga mem­buka kantor Regulatory Af­fa­irs Conformity Services (RACS) yang berbasis di Uni Emi­rate Arab.

“Kami sudah mengajukan izin kerja sama dengan lembaga ha­lal nega-negara Muslim seperti BPJPH di Indonesia, JAKIM di Ma­laysia, dan MUIS di Sin­g­a­pu­ra,” katanya pada Salaam Ga­teway.

Menurutnya, izin di negara-ne­ga­ra Muslim Asia Tenggara ja­uh lebih murah daripada di ne­ga­ra-negara Teluk. Saat ini, tidak ada lembaga sertifikasi halal yang berb­asis di Meksiko dan ter­ak­re­ditasi oleh otoritas halal utama se­perti JAKIM, GAC di negara Te­luk atau ESMA di Uni Emirate Arab.

Setelah mendapatkan izin, Ha­lal Quality Mexico akan men­ca­ri sponsorship untuk kemudian mu­lai rencana perdagangan da­gi­ng halal. Ia mengatakan potensi Mek­siko sangat besar karena pro­­duksi daging yang tinggi.

Sementara negara produsen utam­a daging lainnya mengalami pe­nu­runan produksi karena ber­ba­gai hal. Pada 2017, pemerintah Mek­siko meningkatkan produksi dan ekspor produk halal me­nart­k­an negara Muslim karena ingin le­pas dari perdagangan dengan Ame­rika Serikat.

Pemerintah Meksiko me­ng­ang­garkan dana untuk subsidi ser­ti­fikasi halal. Namun pada 2018, subsidi dihapus seiring de­ngan pergantian pemimpin. Pe­me­rintahan baru Presiden Andres Ma­nuel Lopez Obrador juga me­nu­tup lembaga ProMexico yang pun­ya strategi nasional pen­in­g­kat­an ekspor halal Mexico ke pa­sar global.

Dalam lima tahun, ekspor da­ging dan hewan hidup Me­k­si­ko ke negara Muslim turun me­lu­ncur secara drastis. Pada 2015 ni­lainya 1,3 miliar dolar AS men­jadi hanya 394 ribu dolar AS pada 2018 dan nol pada 2019. rep/mb06