loader image

Kaya Kalsium, 4 Makanan dan Minuman Ini Ampuh Jaga Kesehatan Gigi

KESEHATAN gigi me­ru­pakan salah satu bagian penting dalam tubuh manusia. Sebab dengan gigi sehat akan membuat aktivitas me­ngon­sumsi makanan dan sebagainya jadi lebih mudah.

Menjaga kesehatan gigi dapat dilakukan dengan rutin melakukan kontrol ke dokter. Kemudian bisa dengan mengonsumsi makanan atau minuman sehat yang me­ngan­dung banyak nutrisi.

Ada sejumlah nutrisi yang bisa membantu menjaga kesehatan gigi. Salah satunya adalah kalsium.

Kalsium ternyata ada dalam banyak makanan atau mi­numan, khususnya produk susu. Lantas, apa saja asupan yang baik untuk kesehatan gigi? Berkut ini daftarnya, sebagaimana dilansir laman Eatthis.

1. Teh hijau

Banyak orang mengatakan teh bisa berdampak buruk pada warna gigi. Namun ini justru berlaku sebaliknya untuk teh hijau. Sebab, teh hijau mengandung fluorida yang membantu memperkuat gigi. Kemudian berdasarkan penelitian pada 2012, antiok­sidan dalam minuman panas juga dapat berperan dalam kesehatan periodontal yang lebih baik.

2. Susu

Lalu ada susu yang diketahui mengandung banyak kalsium. Ini bisa membuat gigi kuat dan meningkatkan kesehatan mulut. Kalsium adalah salah satu struktur utama yang menyusun enamel, lapisan luar gigi. Itu sebabnya makanan apa pun yang mengandung kalsium, seperti susu, akan sangat bagus untuk gigi.

3. Bawang mentah

Lalu ada bawang mentah. Sama halnya seperti wortel, bawang mentah mempunyai tekstur keras yang dapat bertindak sebagai “sikat gigi” untuk menghilangkan plak. Selain itu, bawang juga memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu mengurangi bakteri tidak diinginkan di mulut.

4. Wortel

Makanan yang satu ini terkenal baik untuk kesehatan mata. Tapi nyatanya, wortel juga mempunyai manfaat untuk kesehatan gigi. Ini karena wortel kaya vitamin A, vitamin B6, biotin, dan serat, ke­mudian mempunyai tekstur keras yang bagus untuk gigi.

Walaupun beberapa makanan atau minuman memberikan manfaat bagi kesehatan gigi, para pakar tetap merekomendasikan untuk menjaga kebersihan gigi. Mulai meyikat gigi sebanyak dua kali sehari selama 2 menit, hingga periksa ke dokter gigi secara berkala.okz/ron