loader image

Hadiri Aruh Adat, Kepala BNNP Kalsel Ajak Masyarakat Adat Perangi Narkoba

MASYARAKAT DAYAK-Aruh adat Nimbuk yang digelar oleh masyarakat Dayak Meratus atau Dayak Halong di Desa Kapul Kecamatan Halong.

PARINGIN – Kepala BNN Provinsi Kalsel Brigjen Pol Jackson Lapalonga berkesem­patan berhadir pada acara aruh adat Nimbuk yang digelar oleh masyarakat Dayak Meratus atau Dayak Halong di Desa Kapul Kecamatan Halong, Minggu (21/2)

Kedatangan orang nomor satu di jajaran BNN Bumi Antasari bersama istri tersebut, juga disertai rombongan diantara­nya Koor­dinator Bidang P2m Iskandar Adam dan Kepala BNNK Bala­ngan AKBP Katamsi Sad Retna Setiawan beserta jajarannya.

Dalam kesempatan tersebut Kepala BNN Provinsi Kalsel Brigjen Pol Jackson Lapalonga menyampaikan, ucapan rasa terima kasih dan penghargaan yang tinggi telah diundang pada Aruh Adat ini.

Kegiatan ini, kata Jackson, bukan hanya sekedar rangkaian adat yang dijalankan oleh masyarakat adat, namun juga salah satu sarana silaturahmi bagi seluruh lapisan masyarakat.

Selain itu, dirinya berharap adat istiadat ini terus dijaga dan lestarikan serta juga dijadikan sarana dalam memupuk ke­kompakan dan kebersamaan sehingga terciptanya suasana aman dan kondusif.

“Saya juga berpesan agar kita semua khususnya para orang tua agar bisa mengawasi anak-anak kita dari bahaya penyalahgunaan narkoba, yang kini semakin banyak terjadi,” himbaunya.

Oleh karena itu, dirinya berharap, moment aruh adat ini dapat digunakan untuk mera­patkan barisan dan komitmen agar bahu membahu menjaga ke­amanan dan ketentraman dan bahaya narkoba di tengah Masyarakat.

Lebih lanjut dia menye­butkan, suatu daerah tidak akan mampu membangun dengan baik apabila tidak didukung oleh situasi yang kondusif.

“Tanggung jawab dalam pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba merupakan tang­gung jawab kita bersama ter­masuk seluruh elemen masy­­a­rakat. Kita harus siap saling bahu membahu, bekerjasama guna meminimalisir terjadinya penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba yang dapat mengancam kelangsungan hidup generasi bangsa, khu­susnya di Bumi Sanggam,” tegasnya.

Sedangkan, Mandan salah satu tokoh Desa Kapul sekaligus Ketua DAD Balangan men­yampaikan, sebagai tuan rumah pihaknya sangat berterima kasih atas kehadiran Kepala BNN Provinsi Kalsel Brigjen Pol Jackson Lapalonga dan rom­bongan guna menghadiri aruh adat Nimbuk ini. (SA/mb03)