loader image

DP3A Tapin Bentuk Forum Anak di 12 Kecamatan

Hj Lailian Nor SSos MM

RANTAU,- “Dinas Pem­ber­d­a­yaan Perempuan dan Perlindungan Anak bakal mengukuhkan secara serentak forum anak di 12 kecamatan di Kabupaten Tapin,” hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas PPPA Hj Lailian Nor SSos MM kepada awak media.

Seperti yang diutarakan Hj Lailian Nor SSos MM, pembentukan forum anak kecamatan adalah hal yang harus dilakukan sebagai perpanjangan Dinas PPPA dalam membina anak – anak di tingkat kecamatan dan hingga desa.

Sebagai perpanjangan Dinas DP3A dimana semua bidang terlibat didalamnya, tujuan kita diantaranya untuk mencegah pernikahan usia anak, sehingga dengan forum anak yang terbentuk dapat memberikan sosialisasi langsung kepada masyarakat.

Dikatakan Hj Lailian Nor, Forum anak sendiri dibentuk secara berjenjang dari tingkat pusat, provinsi dan kabupaten dan di kabupaten Tapin pembinanya adalah Bupati Tapin.

Untuk forum anak provinsi anggotanya sebagian diambil dari perwakilan forum anak kabupaten – kabupaten dimana kita mempunyai dua orang perwakilan disana yang menjadi pengurus forum anak provinsi, paparnya.

Untuk rencana pem­ben­tukan forum anak kecamatan, sekarang kita sudah me­nyam­paikan sosialisasi kepada para camat dan perangkatnya untuk membentuk dan mem­ber­sia­p­kan pengurus forum anak kecamatan.

Alhamdulillah semua kcamatan telah bersedia membentuk forum anak dan selanjunya kita menunggu TS dari Bupati Tapin dan menunggu arahan dari beliau,” ungkap Hj Lailian Nor.

Sekali lagi, tujuan kita membentuk forum yakni agar anak – anak kita dapat menjadi pelapor dan pelopor. sebagai pelopor forum anak bisa meminta apa – apa yang menjadi keinginan anak didesa yang mana keinginan itu bisa disampaikan dalam Mus­ren­bang.

Sebagai pelapor anak – anak kita bisa melaporkan seumpama terjadi pelecehan dan kekerasan terhadap anak yang terjadi didesanya, kata Hj Lailian Nor.

Kedepan tidak hanya forum anak kecamatan yang akan kita bentuk, masing – masing desapun kedepan juga harus mempunyai forum anak.

”Dengan adanya forum anak tentu dapat menjadi wadah aspirasi dan wadah anak – anak berkumpul,” tutupnya.

Terkait rencana pe­ngu­ku­han, karena saat ini masih suasana pandemi, pengukuhan kemungkinan akan di­lak­sanakan secara daring dari masing – masing ke­ca­ma­tan.her/mb03