loader image

Bupati Hadiri Rakornas Pengendalian Karhutla Bersama Presiden RI

RAKORBAS – Bupati Tapin HM Arifin Arpan MM bersama Forkopimda saat menghadiri Rakornas pengendalian Karhutla yang di gelar secara daring yang di pimpin oleh Presiden RI Ir H Joko Widodo langsung dari istana negara Jakarta.

RANTAU,- Bupati Tapin HM Arifin Arpan MM, Kodim 1010 Rantau Letkol Inf Andi Sinrang, Kapolres Tapin AKBP Pipit Subiyanto SIK serta Kajari Tapin Zainul Abidin Nawir SH MH saat hadiri Rakornas mendengarkan arahan langsung Presiden RI Ir H Joko Widodo tentang pengendalian kebakaran hutan dan lahan yang disampaikan secara daring dari istana negara.

Turut hadir dalam Rapat, Plh Sekda Tapin H Gusti Ridha Jaya, Kepala BPBD H Said Abdul Nasir, Kadil LH Ir H Nordin MS dan Kasatpol.PP H Mahyudin.

Seperti yang dikatakan Presiden RI Joko Widodo, walaupun musim hujan masih akan terjadi hingga bulan April mendatang, mulai sekarang kita harus waspada terjadinya musibah kebakaran hutan dan lahan diseluruh wilayah di Indonesia.

Berikan pendidikan terus menerus kepada masyarakat, perusahaan dan korporasi serta ajak tokoh masyarakat dan tokoh agama dalam bersama – sama mencegah terjadinya bencana Karhutla, kata Presiden RI melalui daring dari Jakarta.

“Dalam mencegah Karhutla, kerjasama semua pihak dalam membersihkan lahan – lahan adalah langkah penting.” Kata Presiden RI.

Aktifkan embung – embung dan kanal – kanal agar lahan gambut tetap basah serta jangan membiarkan api membesar sehingga sulit dikendalikan adalah yang perlu dilakukan oleh semua pihak, ujarnya dihadapan peserta Rakornas.

Semua Polda – Polres harus tanggap, jika perlu lakukan pemadaman melalui operasi udara serta lakukan langkah penegakkan hukum yang tegas. Berikan sanksi yang tegas kepada siapa yang terbukti membakar hutan dan lahan, tandas Presiden RI dalam arahannya.her/mb03