loader image

Isolasi Mandiri Dapat Beras Gratis

JAKARTA – Menteri Ko­or­di­na­tor Bidang Perekonomian Air­la­ngga Hartarto menyatakan pe­me­rintah akan memberikan ban­tuan logistik berupa beras gratis ke­pada masyarakat yang positif co­vid-19 dan menjalani 14 hari iso­lasi mandiri.

Beras akan diberikan se­ban­yak 20 kilogram (Kg) selama pe­ri­ode isolasi di rumah ber­la­ng­sung. Dia menyebut penyaluran ba­n­tuan akan dikoordinasikan de­ngan TNI/Polri.

Selain beras, pemerintah juga akan membagikan masker kain se­su­ai standar kepada masyarakat desa.

“Pemberian bantuan beras per rumah yang diisolasi mandiri se­lama 14 hari itu 20 kilogram beras dan pemberian bantuan mas­ker kain. Ini dikoordinasi oleh TNI/Polri di tingkat masing-ma­sing,” jelasnya pada webinar Per­panjangan Pem­ber­lakuan Pem­batasan Kegiatan Masy­arakat Mikro.

Ketua Komite Penanganan Co­vid-19 dan Pemulihan Eko­nom­i Nasional (KPCPEN ini me­ng­atakan bantuan diberikan se­ja­lan dengan perpanjangan Pem­ber­la­kuan Pembatasan Kegiatan Mas­yarakat (PPKM) Mikro hi­ng­ga 8 Maret mendatang.

Selain itu, pemerintah juga akan menggelar tes usap antigen de­teksi covid-19 gratis di desa dan kelurahan saat PPKM Mikro.

Pemerintah juga akan me­ni­ngkatkan kapasitas penelusuran kon­tak (tracing). Pasukan Ba­bin­sa TNI dan Babinkamtibmas Pol­ri bakal diterjunkan gna mem­ban­tu penelusuran kontak.

Mereka juga akan mem­per­ba­iki perawatan atau treatment pa­si­en Covid-19. Menurut Air­la­ng­ga, pemerintah akan men­yi­ap­kan tempat isolasi berbasis RT dan RW.

“Pelaksanaan isolasi man­di­ri, isolasi terpusat, perawatan di fas­kes yang dikoordinasikan oleh Pos Jaga Desa/Kelurahan,” ka­ta­nya beberapa waktu lalu. cnn/mb06