loader image

DKP Tapin Pantau Harga Pasar Paska Banjir

H Bastian

RANTAU,– “Cegah kenaikan harga kebutuhan pokok paska banjir, Dinas Ketahanan Pangan rutin melaksanakan monitoring harga – barang sembako di pasar – pasar tradisional.” Hal itu di­ung­kap­kan Ir H Bastian MAP Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Tapin kepada awak media kemaren.

Seperti yang di paparkan H Bastian, monitoring harga kebutuhan pokok sebenarnya rutin dilaksanakan bersama Dinas Perdagangan dan Bagian Ekobang Setda Tapin serta instansi terkait lainnya, dikarenakan pandemi kegiatan monitoring lebih banyak dilaksanakan oleh masing – masing SOPD.

Untuk dinas Ketahanan Pangan, tidak hanya sebulan sekali, untuk monitoring harga kita melaksanakannya setiap hari dengan memanfaatkan aplikasi what apps, ungkap Bastian.

Dengan menggunakan android, daftar harga di pasar terus kita pantau, contoh hari ini harga ikan ada kenaikan dan penurunan, itu akan selalu terpantau, begitu juga harga – harga barang lainnya. Mo­ni­to­ri­ng harian menggunakan android ini dapat kita lakukan, karena kita telah memiliki nomor hand phone masing – masing pedagang.

Dari data harian yang kita dapat dari para pedagang, daru data itu kemudian kita ambil harga rata – rata dan kita rekap dalam daftar harga mingguan kita. Data itu yang kita laporkan ke provinsi dan ke Jakarta terkait kondisi harga – harga di pasar – pasar tra­dis­io­nal kita.

Monitoring kita dengan menggunakan android dengan aplikasi pesan singkat what apps ini sebagai bentuk kreasi dan inovasi kita untuk mempermudah memantau harga pasar, sehingga disaat pandemi saat ini kita tidak perlu lagi melakukan monitoring langsung kepasar, terang H Bastian.

Ditambahkannya, cara memantau harga melalui pesan singkat dinilai sangat efektif untuk mencegah kerumunan dimasa pandemi, hanya melalui hand phone melalui group what apps kita sudah dapat berkomunikasi dengan para pedagang.

Seperti harga beras, telor daging bahkan harga bawang serta harga sembako lainnya dapat kita pantau dengan cepat, tandas H Bastian.

Untuk harga sembako paska musibah banjir yang terjadi di beberapa daerah di Kalsel tidak berdampak pada kenaikan harga – harga di pasar tradisional di Tapin.

“Keadaan harga – harga di Tapin masih dalam keadaan stabil bauk dari saat banjir sampai paska banjir,” ungkap Bastian diruang kerjanya.her/mb03