loader image

Dinas Perputakaan Maksimalkan Program Pembinaan

SEKOLAH-Mobil perpustakaan keliling bersama beberapa orang petugas disambut oleh para guru dan siswa-siswi, disalahsatu sekolah di Balangan.

PARINGIN, MB – Guna terus meningkatkan minat baca dan pela­yanan, Dina Perpustakaan rutin mengelar pembinaan per­pus­takaan yakni berupa, pem­be­nahan keberadaan perpus­ta­kaan yang ada di Bumi Sanggam baik itu, perpustakaan daerah, keca­matan maupun perpustakaan desa.

Kepala dinas perpustakaan Bala­ngan, Mahyudin menyam­paikan, untuk pembinaan pihak­nya memiliki tim khusus yang berada dibawah bidang pelayanan dan pembinaan yang langsung turun ke lapangan melakukan pembinaan.

Pembinaan sendiri, kata Mahyudin, terkait peng­operasio­nalan perpustakaan yang benar baik itu administrasi maupun tata letak atau penyusunan buku se­suai pengelompokan jenis buku.

“Tim pembinaan ini kita isi dengan para pustakawan yang mana mereka sudah sangat paham bagaimana menjalankan per­pustakaan, ilmu inilah yang kita tularkan kepada pengelola per­pustakaan lainnya,’’ ujar Mah­yudin, Senin (22/2/2021).

Sedangkan untuk kegiatan perpustakaan keliling, lanjut dia, sebelum pendemi lalu, pihaknya me­netapkan jadwal rutin untuk perpustakaan berkeliling ke semua wilayah kabupaten Balangan.

“Untuk perputakaan ke­liling kita jadwalkan empat kali dalam seminggu untuk berkeliling,’’ ujarnya.

Dengan perpustakaan keli­ling ini, lanjut dia, masyarakat tidak perlu lagi datang ke perpustakaan yang di semua tempat ada keberadaanya. Untuk itu, kunjungan perpustakaan keliling focus ke daerah yang masih minim perpustakaan dan sekolah-sekolah.

Pelayan perpustakaan keli­ling ini sendiri, menurut mantan kepala dinas arsip ini, ialah dalam rangka mening­katkan minat masyarakat secara luas.

“Kita terus berupaya untuk meningkatkan layanannya salah satunya lewat perpustakaan keliling ini serta dengan menyu­guh­kan buku bacaan yang me­narik dan bermanfaat se­hingga minat baca masya­rakat semakin meningkat,’’ pungkansya. (SA/mb03)