loader image

Dewan Kalteng Belajar Pemulihan Banjir

KETUA Komisi III DPRD Kalteng Drs Duwel Rawing menyerahkan kenang-kenangan kepada Ketua Komisi I DPRD Kalsel Dra Hj Rachmah Norlias. mb/edoy

BANJARMASIN – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kali­mantan Tengah belajar pena­nganan pemulihan banjir kepada anggota DPRD Kalsel.

Hal tersebut disampaikan Ketua Komisi III DPRD Kalteng Drs Duwel Rawing, saat melak­sanakan kunjungan kerja (kun­ker) ke Komisi I DPRD Kalsel.

Mereka ditemui anggota Komisi I DPRD Kalsel dan Kepala Dinas Sosial Provinsi Kalsel Dra Hj Siti Nuriyani.

Ketua Komisi III DPRD Kalteng Drs Duwel Rawing menjelaskan, fokus tujuan mereka adalah untuk mempelajari mekanisme pemulihan bencana alam banjir yang di awal Tahun 2021 lalu melanda sebagian besar titik di Kalsel.

“Barangkali, kami bisa menggali dan memperdalam informasi serta materi, karena kita dalam tahap penyelesaian perda Penanggulangan Bencana,” ujar Duwel Rawing, di aula lantai 4 gedung DPRD Kalsel di Banjar­masin, Senin (22/2).

Ketua Komisi I DPRD Kalsel Dra Hj Rachmah Norlias yang bertidak sebagai pimpinan rapat mengucapkan terima kasih atas kunjungan tersebut.

“Bapak dan ibu anggota DPRD Kalteng, kami menyambut baik kunjungan Anda, semoga dalam pertemuan ini kita bisa saling sharing informasi,” ujar Rachmah Norlias.

Saat banjir di Kalsel, ujarnya, selain dari pemerintah, aksi spontan dari masyarakat lintas provinsi, termasuk masyarakat Kalteng juga turut membantu secara perseorangan maupun lembaga/organisasi.

“Tentu respons tersebut, adalah bukti peduli antar sesama, dalam ke­kerabatan dan ke­gotong­ro­yongan,” jelas Srikandi PAN ini.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Sosial Pr­o­vinsi Kalsel, Dra Hj Siti Nuriyani mengatakan, m­e­mang banjir kemarin adalah salah satu yang terbesar di Kalsel dan tidak terprediksi, sehingga pihaknya berupaya menge­lola anggaran yang ada.

“Kami juga berterima kasih kepada dinsos Kalteng, yang turut membantu mendirikan 2 dapur umum, yang berdiri ham­pir nyaris satu bulan. Itu sangat membantu,” ujar Siti Nuriyani. rds