loader image

Bunga Kredit Tak Kunjung Turun

JAKARTA – Selama pandemi Covid-19, Bank Indonesia telah berkali-kali me­nu­run­kan suku bunga acuan. Hingga Februari 2021, BI 7-Day Reverse Repo Rate berada di posisi 3,5 persen. Lebih rendah di­ban­di­ng­kan Februari 2020 sebesar 4,75 persen.

Sayangnya, penurunan suku bunga acu­an ini tidak selalu direspon positif oleh per­ban­kan. Khususnya pada penurunan suku bu­nga pembiayaan. Suku bunga pembiyaan di­ni­lai sulit beradaptasi dengan kebijakan bank sentral dibandingkan dengan pe­nu­run­an suku bunga deposito yang cenderung le­bih cepat penyesuaiannya.

“Kalau dilihat secara jangka panjang se­la­lu seperti itu. Kalau BI rate turun, deposito ra­tenya turun cepat tapi kalau suku bunga kre­dit masih sangat rigit,” kata Kepala De­par­temen Kebijakan Makroprudensial, Juda Agu­ng dalam Taklimat Media: Kebijakan LTV dan Uang Muka KKB, Jakarta, Senin (22/2).

Sehingga kata Juda, terjadi perbedaan su­ku bunga kredit perbankan dan suku bu­ng­a acuan yang makin lebar. Dia melihat, p­erbankan dalam hal ini memanfaatkan kea­daan untuk mendapatkan keuntungan yang be­sar dalam kodisi ini.

“Artinya bank mencoba mendapatkan keu­ntungan yang lebih seperti saat ini,” ung­kap dia.

Padahal, penurunan suku bunga acuan ya­ng dilakukan bank sentral untuk men­do­rong permintaan kredit konsumsi. Maka, lan­jut Juda, tidak heran jika permintaan kre­dit di masyarakat masih rendah. “Makanya ora­ng masih ragu minta kredit karena suku bu­ng­a kredit masih tinggi,” kata dia.

Penurunan suku bunga kredit perbankan bi­sa menjadi salah satu faktor masyarakat be­lum mau mengajukan pembiayaan. Ter­le­bih dalam kondisi yang masih tinggi keti­dak­pastiannya. “Ini yang sebenarnya kita tidak inginkan,” kata dia.

Seharusnya, kata dia, bila Bank In­do­ne­sia mengeluarkan kebijakan penurunan su­ku bunga acuan, maka perbankan juga harus me­respon dengan baik. Penurunan suku bu­ng­a tidak hanya pada deposito atau tabungan saja. Melainkan juga pada suku bunga pem­biayaan.

“Karena kalau kita lihat dengan adanya biay­a-biaya dalam suku bunga ini, ada biay over­heat cost ini sudah diturunkan juga se­ca­ra cepat,” kata dia. lp6/mb06