loader image

Bumdes Sarana Pengembangan Ekonomi Berbasis Potensi Lokal

PARINGIN, MB – Keberadaan Badan Usaha Milik Desa (BUM­Des) dapat menjadi wadah pengembangan perekonomian masyarakat desa.

Keberadaan BUMDes di­harap­kan dapat menjadi wadah pengembangan perekonomian masyarakat di desa, dengan lebih memaksimalkan potensi yang ada.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Balangan, Urai Nur Iskandar menyampaikan, keberadaan BUMDes yang sudah berjsalan diharapkan bisa maksimal kebe­radaan sesuai dengan tujuan dibentuknya BUMDes itu sendiri diantaranya yakni, meningkatkan pendapat asli desa sekaligus memberi dampak bagi kesejah­teraan masyarakat desa itu sendiri.

“Hingga kini baru sekitar 30 lebih BUMDes yang aktif dalam menjalankan usahanya, sedang­kan lainnya belum menjalankan usahanya. Inilah yang kita dorong, agar keberadaan BUM­Des ini terus berkembang dan maju,” bebernya.

Pihaknya sendiri, lanjut dia, terus melakukan upaya pember­dayaan terhadap masya­rakat. Sebab berbagai potensi yang ada di Desa perlu adanya penge­lolaan lebih permanen di masing- masing usahanya.

“Potensi Desa sudah ter­sedia, sebagai tindak lan­jutnya, perlu kita tingkatkan kapasitas aparaturnya demi memberdaya­kan masyakarat desa menuju peningkatan taraf hidup masya­rakatnya, inilah yang kita harapkan salah satunya lewat keberadaan BUMDes ini,” pungkasnya. (SA/mb03)