loader image

Atasi Blank Spot, Kominfo Tapin Usulkan Bangun 6 BTS

HM Thamberin

RANTAU – Atasi blank spot atau jaringan internet lelet, Dinas Kominfo Kabupaten Tapin usulkan pembangunan base transceiver station (BTS) di 6 desa,” hal itu diungkapkan Kepala Dinas Kominfo HM Thamberin SSos MM kepada awak media.

Seperti yang diutaakan HM Thamberin, banyaknya keluhan dan permintaan masyarakat untuk jaringan internet yang kuat dan lancar dibeberapa wilayah di Tapin. “Diskominfo telah mengusulkan pem­bangunan BTS di 6 desa di Tapin,” ungkapnya.

Desa yang tidak memiliki jaringan internet sama sekali ada 6 desa yang sangat perlu dibangun BTS, 6 desa yakni Desa Pipitak Jaya, Harakit, Batung dan Belawaian di kecamatan Piani serta desa Bagak dan Asam Randah kecamatan Hatungun. 6 desa itu kita usulkan untuk segera dibangun BTS atau tower pemancar,” kata HM Tham­berin kepada awak media diruang kerjanya kemaren.

Seperti yang diungkapkan HM Thamberin kepada awak media diruang kerjanya, masih banyaknya daerah – daerah di Tapin yang tidak terjangkau internet, saat ini kita mem­prio­ri­taskan pembangunan BTS hanya untuk 2 kecamatan yang Kec. Piani dan Kec.Hatungun.

Sementara itu untuk total keseluruhan desa yang internetnya turun – naik terdapat di 20 desa yang ada di 10 kecamatan di Tapin.

Ke 20 desa jaringan internetnya kadang ada kadang hilang diantaranya desa Kambang Habang Baru, Kecamatan Salam Babaris serta terdapat beberapa desa lainnya di Kec.Piani, Hatungun dan Kec.CLU dan CLS yang tidak memiliki jaringan internet.

Kecamatan Piani ada 4 desa yaitu Desa Pipitak Jaya, Desa Harakit, desa Batung dan desa Balawaian. Kecamatan CLU ada 5 desa yaitu desa Pariok, desa Sungai Puting, desa Rawana, desa Sawaja dan desa Sungai Salai.

Kecamatan Hatungun 3 desa yaitu desa Bagak, desa Asam Randah dan desa Batu Hapu. Kecamatan Bungur ada 3 desa desa Hangui, desa Shabah dan desa Kalumpang.

Ditambah Kecamatan Lokpaikat ada 2 desa yakni desa Bitahan Baru dan desa Budi Mulya. Selain itu kecamatan CLU ada 1 desa yaitu desa Pabaungan Pantai dan desa Masta di Kec. Bakarangan yang sinyalnya turun naik, bahkan kadang tenggelam.

Sedang untuk Kecamatan yang lancar jaringan internetnya hanya Kecamatan Binuang dan Kecamatan Tapin Utara yang tidak ada masalah dengan jaringan internet.

Kedepan setelah berdirinya kantor Diskominfo baru, kita juga berencana akan memasang jaringan viber optik agar nantinya seluruh SOPD akan terhubung dalam satu jaringan.

“Untuk melancarkan seluruh akses jaringan, kedepan kita juga akan membangun BTS sendiri agar serta jaringan fiber optik dapat terhubung seluruh kantor SOPD dan kantor kecamatan,” paparnya HM Thamberin.her/mb03