loader image

DKISP Programkan Desa Percontohan Pemanfaat IT

RAPAT – persiapan penyuksesan visi misi bupati terpilih khususnya pemanfaatan teknologi informasi di perdesaan, dilaksanakan DKISP Banjar dipimpin Aidil Basith.

MARTAPURA – Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (DKISP) Kabupaten Banjar siap mendukung upaya pemerintahan yang baru dalam memajukan teknologi informasi (IT) di perdesaan guna mengentaskan kemiskinan.

Hal itu disampaikan Kepala DKISP HM Aidil Basith, di Aula DKISP Banjar, Rabu (17/2) pagi. Rapat untuk menyiapkan peran dari DKISP Kabupaten Banjar dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi pada saat bupati terpilih menjalankan tugas, visi dan misinya.

Basith menyampaikan, dalam rangka pengentasan kemiskinan, pihaknya akan bekerja sama dengan Bappedalitbang Kabupaten Banjar untuk membuat desa percontohan di Kabupaten Banjar.

Desa percontohan ini diupayakan sebagai desa yang memiliki IT, memanfaatkan teknologi baik dalam hal pendidikan, akses informasi, pembuatan dokumen digital, hingga pemasaran produk yang akan didampingi mulai dari pembuatan peraturan bupati, SDM, teknologi, dan proses pemasaran produknya melalui aplikasi.

Kepala Bidang E-Government, Cornelius Kristiyanto menambahkan, teknologi yang nantinya akan dikembangkan adalah desa yang jauh dari pusat kota yakni menggunakan teknologi wireless untuk akses internetnya. Harapan untuk kedepannya, jika desa percontohan ini berhasil maka akan dijadikan sebagai program satu kabupaten.

Cornelius Kristiyanto menyampaikan bahwa apa yang menjadi keinginan bupati terpilih sudah sejalan dengan program yang ada.Salah satu sistem informasi yang saat ini dikembangkan oleh Bidang E-Government DKISP Kabupaten Banjar adalah Portal Layanan Pemerintah dan Layanan Umum untuk masyarakat Kabupaten Banjar.

“Terkait apa yang sudah disepakati, dari sisi teknologi informasi dan Komunikasi, DKISP Kabupaten Banjar siap untuk mengembangkan jaringan, pengembangan aplikasi serta pengamanan informasinya,” bebernya.adi/rds