loader image

Kabupaten HSU Mulai Dikepung Air

E:\ARSIP-WEBSITE-MATABANUA\18012021\HSU\--foto 02.jpg
AIR NAIK-Kondisi permukaan air yang makin naik di kecamatan banjang Kabupaten HSU.{{yusuf}}

AMUNTAI-Wilayah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), sudah mengalami kebanjiran didaerah pinggiran sungai hingga jalan jalan perkotaan pemerintah maupun rumah rumah penduduk sudah masuk air.

Akibat curah hujan cukup tinggi, dan ditambah air kiriman dari dua kabupaten Tabalong dan Balangan, pantau hari ini, Minggu (17/1) air sudah memasuki Kabupaten HSU.Dari Pantauan debit air sungai Tabalong dan Balangan yang bermuara di kota Amuntai atau Sungai Negara mengalami peningkatan drastis.

Akibatnya saat ini wilayah dan rumah warga HSU yang berada di bantaran sungai, sebagian sudah mulai terendam air dengan ketinggian air 1/2 meter, seperti yang terjadi di Kalintamui, Kecamatan Banjang Kabupaten HSU. Air datang secara mendadak, diperkirakan sejak pukul 3 pagi tadi air kiriman dari sungai Balangan langsung merendam ruas jalan rumah warga.

“Dari jam 3 pagi tadi air langsung datang secara tiba-tiba, sehingga kami tidak sempat mengamankan barang yang ada dirumah, selain itu beras/benih juga terendam air”. Kata Arman warga desa Kalintamui.

Desa Kalintamui setiap tahunnya langganan banjir, dari tahun kemaren desa kami sudah mengalami dua kali banjir.”Semoga banjir cepat surut dan juga kami mengharapakan adanya bantuan dari Pemerintah Daerah terhadap korban banjir yang menimpa rumah warga”. Harap Arman.(suf/mb03)