loader image

BPBD Tapin Salurkan Logistik Korban Banjir Raya Belanti

E:\ARSIP-WEBSITE-MATABANUA\18012021\Tapin\---foto 02.jpg
EVAKUASI WARGA-BPBD Tapin saat melakukan evakuasi warga yang rumahnya terjebak banjir.{{herman}}

RANTAU,- Dengan mengerahkan armada yang dimiliki BPBD Kabupaten Tapin, Kodim 1010 Rantau dan Polres Tapin beserta para relawan melakukan evakuasi terhadap korban banjir yang terjadi di kelurahan Raya Belanti, Kecamatan Binuang, pada kamis hingga Jumat (15/01/2020).

“Dalam penanganan banjir BPBD Tapin membuka Posko pengungsian dan membuka dapur umum untuk masyarakat,” kata H Akhmad Syofyan SAP MM Kabid Kedaruratan BPBD Kabupaten Tapin yang terjun langsung dalam penanganan banjir di kelurahan Raya Belanti.

Dengan menggunakan perahu karet, BPBD menyisir satu persatu rumah yang terendam dan memberikan bantuan logistik kepada masyarakat yang masih dapat bertahan.”Bagi masyarakat yang rumahnya terendam, semua warga langsung dievakuasi ketempat yang aman,” terang H Akhmad Syofyan.

Sebelumnya, pada hari yang sama Kapolres Tapin AKBP Pipit Subiyanto bersama Kepala BPBD Tapin H Said Abdul Nasir dan anggota DPRD Tapin Adi Farma dibantu anggota Koramil dan Polsek setempat juga telah meninjau lokasi banjir dan melakukan proses evakuasi bagi korban banjir kelurahan Raya Belanti, Kecamatan Binuang, Kab.Tapin pada kamis (15/01/2020).Sedikitnya ada 1.492 warga yang terdampak banjir di kelurahan Raya Belanti dan alhamdulillah semua warga telah diungsikan ketempat yang aman.

Kepala BPBD Tapin H Said Abdul Nasir mengatakan, meningkatkan debit air sungai yang meluap, diakibat tingginya intensitas hujan yang terjadi sepanjang rabu sore hingga kamis pagi dan menjadikan Kelurahan Raya Belanti yang rutin menjadi langganan banjir, kembali tergenang akibat meluapnya sungai Cempaka, Serawi dan Binuang.“Air sempat mencapai ketinggian mencapai 1 meter, saat ini air sudah berangsur turun. Kita beruntung tidak ada korban jiwa dalam musibah banjir ini,” kata Said Abdul Nasir kepada awak media.

Saat ini, BPBD bersama TNI, Polri serta relawan masih melakukan pemantauan di lokasi banjir.” ujarnya.

Sementara itu Kapolres Tapin AKBP Pipit Subiyanto menghinbau agar masyarakat selalu waspada akan datangnya banjir, seumpama air naik, segera mengungsi ketempat yang aman jika ketinggian air semakin meningkat.” Himbau Kapolres kepada masyarakat.”Kehadiran kita disini ialah untuk memastikan keselamatan masyarakat, karena itu proses evakuasi adalah yang pertama yang harus kita lakukan,” kata Kapolres saat melihat keadaan beberapa rumah warga yang ikut terendam pada kamis sore.{{her/mb03}}