loader image

Walikota Terbitkan Status Siaga Darurat

STATUS SIAGA - Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina menetapkan Kota Banjarmasin masuk status siaga darurat. mb/dokpim-bjm
STATUS SIAGA – Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina menetapkan Kota Banjarmasin masuk status siaga darurat. mb/dokpim-bjm

BANJARMASIN – Pemerintan Kota Banjarmasin menetapkan Kota Banjarmasin masuk status siaga darurat. Penetapan status tersebut dilakukan setelah melihat intensitas curah hujan yang tinggi, hingga mengakibatkan debit air di sungai-sungai tidak kunjung menurun.

Pengumuman pemberlakuan status tersebut, dilakukan langsung Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina. “Kami tadi sudah merapatkan dan mengevaluasi situasi terakhir yang terjadi di Kota Banjarmasin, dan sesuai ketentuan serta data dari BMKG, Pemerintah Kota Banjarmasin menetapkan situasi bencana ini dalam bentuk Siaga Darurat, status pertama waspada dan status kedua siaga” ujar H Ibnu Sina, Kamis (14/01).

Dengan diberlakukannya status ini, lanjutnya, aparatur yang ada di kecamatan dan kelurahan diminta untuk membentuk Posko-Posko yang bersinergi dengan Posko Covid-19, dengan fungsi membantu warga terdampak banjir.

Posko induk penanggulangan bencana alam ini adalah BPBD Kota Banjarmasinyang beroperasi 24 jam sehari hingga tanggal 18 Januari 2021.Selain membentuk Posko, Pemko Banjarmasin juga telah mengiventarisasi berbagai keperluan dalam status waspada ini, diantara ketersedian personil, ketersediaan logistic yang diperlukan dalam penanganan musibah ini.

“Informasinya di Kelurahan Murung Raya sudah ada 50 orang pengungsi tadi malam, sebagian tadi malam mengungsi ke pondok pesantren, kita sudah siapkan juga sekolah-sekolah baik SD-maupun SMP terdekat yang bisa dimanfaatkan untuk pengungsi, termasuk juga kalau seandainya di bangun posko dan dapur umum,” jelasnya.

Ia berharap, dengan cepatnya respon Pemko Banjarmasin dalam penanganan musibah ini, tidak ada korban jiwa dan masyarakat yang terdampak banjir dapat segera terbantu.dokpim-bjm