loader image

Banjir di Tabalong Meluas

HUJAN LEBAT - Hujan lebat yang mengguyur Kabupaten Tabalong sejak sore kemaren hingga siang ini membuat banjir. mb/rls
HUJAN LEBAT – Hujan lebat yang mengguyur Kabupaten Tabalong sejak sore kemaren hingga siang ini membuat banjir. mb/rls

TANJUNG – Hujan lebat yang mengguyur Kabupaten Tabalong sejak sore kemaren hingga siang ini membuat banjir yang terjadi kabupaten paling ujung sebelah utara Kalsel ini tambah meluas.

Puluhan rumah warga yang ada di wilayah utara Tabalong, Kabupaten Tabalong turut terendam banjir akibat luapan air sungai.Dari data yang diterima, di Kecamatan Upau desa yang terdampak seperti Desa Kinarum RT 3 dan 1, sebanyak 12 rumah warga terendam dengan ketinggian air sekitar 20 cm.

Desa Pangelak RT 1 dan 2, sedikitnya 10 rumah warga sidaj digenangi air dengan ketinggian air sekitar 20 cm. Desa Kaong RT 2, RT 4 Dan RT 05 air sudah memasuki sekitar 15 buah rumah warga dengan ketinggian air selutut orang dewasa. Bahkan kantor Polsek Upau sudahndigenangi air setimggi 40 cm.

Sementara di Kecamatan Haruai, diDesa Marindi RT 1 dan Wirang Rt 4 dan 5 dilaporkan air sudah menggenangi jalan raya sedikitnya sebanyak 45 buah rumah warga sudah terendam.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tabalong, Zainuddin berharap curah hujan tidak tinggi lagi dan di gunung tidak hujan lagi supaya maka debit air sungai juga segera menurun.

“Meski demikian kami meminta pada warga untuk tetap waspada dan selalu siaga,” ujarnya kepada awak media, Kamis (14/1).

Hal ini ungkapnyan merupakan langkah antisipasi jika tiba-tiba air dari gunung itu akan turun kembali.Warga pintanya juga dapat menginventarisir barang-barang elektronik, supaya di amankan ditempat yang tinggi.

“ Untuk berkas-berkas penting agar dijadikan satu bundel dan dimasukkan dalam plastik serta letakkan ditempat yang tinggi, agar jika terjadi hal – hal yang tidak diinginkan dapat langsung diamankan,”ungkapnya.

Zainuddin juga meminta kepada aparat desa serta warga agar melaporkan setiap saat jika debit air meningkatUntuk aparat desa tambahnya juga bisa meningkatkan monitoring serta kordinasi dengan warga. Sehingga laporan kejadian bisa cepat lagi dan bisa kita antisipasi lebih awal.rls/rds