loader image

Rifqi Setuju Siring Kelayan Dikoneksikan

E:\ARSIP-WEBSITE-MATABANUA\14012021\hal 5\New Folder\M.Rifqi Nizami Kersayudha.jpeg
BANJARMASIN – Pembenahan siring di sepanjang sungai Martapura yang membelah kota Banjarmasin, mendapatkan respons positif anggota Komisi V DPR RI M Rifqi Nizami Karsayudha.

BANJARMASIN – Pembenahan siring di sepanjang sungai Martapura yang membelah kota Banjarmasin, mendapatkan respons positif anggota Komisi V DPR RI M Rifqi Nizami Karsayudha.

Bahkan, Rifqi berjanji terus mensupport rencana Pemko Banjarmasin untuk melanjutkan pembangunan siring tersebut, agar tersambung dengan siring di seberangnya.

Di sela kunjungannya ke Balaikota Banjarmasin dalam rangka memberikan bantuan hibah bus, Rizqi mengungkapkan, keberadaan siring ternyata telah mampu menjadi daya tarik wisata bagi kota Banjarmasin.

Pemko Banjarmasin telah membenahi siring Teluk Kelayan dalam dua tahun terakhir dengan nilai Rp 40 Miliar dari dana APBN, APBD Propinsi dan APBD Kota Banjarmasin.

Selain itu, pembenahan lingkungan setempat dengan membangunkan satu unit rumah susun sebagai pembehanan kawasan kumuh di sana.

Untuk menambah estetika lingkungan, dibangun juga fasilitas publik atau Ruang Terbuka Hijau (RTH), ditambah lagi fasilitas pengelolaan sanitasi dan air bersih untuk 300 KK dirumah susun.

Menurut Rifqi, rencana selanjutnya pada eks pasar beras akan dibangun lagi siring baru. Tujuannya agar siring terkoneksi lagi dengan siring di Jalan Pangeran Antasari (samping Swiss Bell Hotel, siring Teluk Kelayan hingga siring di RK Ilir.

“Kita ingin siring kita terkoneksi dengan siring di seberangnya dan tinggal sedikit lagi menyelesaikan siring,” jelasnya.

Ia juga berharap, dengan menyelesaikan pembangunan siring ini, masyarakat juga bisa menikmati kota sungai sesuangguhnya. Masyarakat bisa menikmati sungai dengan jalan kaki dari ujung siring pasar lama hingga ke siring RK Ilir.

Rifqi juga mengatakan, mimpinya sama dengan mimpi warga Banjarmasin. Yakni ingin mewujudkan Kota Banjarmasin menjadi kota sungai terindah di Indonesia. “Kita ingin kota sungai Banjarmasin menjadi betul-betul kota sungai terindah di Indonesia,” pungkasnya. via