loader image

Wabup Tala Serahkan Bantuan Korban Banjir

bantuan - Wakil Bupati Tanah Laut, Abdi Rahman mengenakan topi merah saat menyerahkan bantuan kepada warga Desa Bati-bati yang terdampak bencana alam banjir. risma
bantuan – Wakil Bupati Tanah Laut, Abdi Rahman mengenakan topi merah saat menyerahkan bantuan kepada warga Desa Bati-bati yang terdampak bencana alam banjir. risma

PELAIHARI – Wakil Bupati (Wabub) Tanah Laut (Tala), Abdi Rahman mengunjungi beberapa lokasi yang terdampak banjir, Minggu (10/1) sore.

Ada empat lokasi yang dikunjungi Wakil Bupati Tala bersama Forum koordinasi pim­pinan daerah (For­ko­pim­da) setempat yakni Desa Gunung Raja, Kecamatan Tambang Ulang, Desa Benua Raya, Kecamatan Bati-Bati, Kurau dan Bumi Makmur.

Dalam kunjungannya, Abdi Rahman bersama TNI Polri mendirikan sejumlah dapur umum untuk mem­bantu warga terdampak banjir dan menyerahkan bantuan berupa sembako.

Wakil Bupati Tanah Laut, Abdi Rahman meminta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Sosial dan Tim relawan terus memperhatikan per­gerakan air disaat naik, terutama penanganan warga yang terdampak harus diperhatikan pada orangtua yang sudah tidak kuat jalan.

“Pastikan juga bahan pokok warga yang terdampak banjir agar bisa terpenuhi dan jangan sampai ada yang ter­lewati atau tidak mendapat bahan pokok,” ungkap Abdi Rah­man.

Orang nomor dua di jajaran Pemkab Tala itu mengimbau warga untuk tetap waspada, menjaga kesehatan dan hati-hati kabel listrik saat air masuk da­lam rumah.

Ia juga menyampaikan agar bisa memanfaatkan dapur umum yang disediakan. “Dapur umum disediakan bagi warga korban banjir dan relawan disini dan semoga dapat membantu serta banjir bisa cepat surut,” tutup Abdi.

Diketahui akibat hujan deras dan air pasang, ratusan rumah warga terendam setinggi 20 sentimeter (cm) di dalam rumah dan ruas jalan nasional di wilayah itu terendam setinggi 50 sentimeter.

Data didapat dari Badan Pe­nanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Tala sebanyak 2.624 buah rumah yang terdampak banjir, 2.696 kepala keluarga (KK) atau 9.209 jiwa.

Korban bencana alam banjir tersebut meliputi Kecamatan Bati-Bati 1.456 buah rumah 1.459 KK dengan 4914 jiwa. Kecamatan Kurau 515 buah rumah 555 KK dengan 1.954 jiwa, Kecamatan Pelaihari 443 buah rumah, 457 KK atau 1.552 jiwa.

Kemudian, Kecamatan Tam­bang Ulang sebanyak 90 buah rumah 94 KK atau 344 jiwa, Kecematan Bumi Makmur sebanyak 70 buah rumah, 81 KK atau 245 jiwa. Kecamatan Jorong 40 buah rumah 40 KK, 160 jiwa dan Kecamatan Kintap 10 buah rumah, 10 KK atau 40 jiwa. ris/ani