loader image

KPH Balangan Harapkan Makin Banyak Masyarakat Menanam Pohon

BIBIT POHON - Penyerahan dua ribu bibit pohon jenis sengon ini secara langsung diserahkan oleh petugas KPH Balangan kepada warga, Samsul Arifin.{{sugiannor}}
BIBIT POHON – Penyerahan dua ribu bibit pohon jenis sengon ini secara langsung diserahkan oleh petugas KPH Balangan kepada warga, Samsul Arifin.{{sugiannor}}

PARINGIN, MB – Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Balangan berikan bantuan dua ribu bibit pohon untuk warga guna ditanam kembali.

Penyerahan dua ribu bibit pohon jenis sengon ini secara langsung diserahkan oleh petugas KPH Balangan kepada warga, Samsul Arifin.

Kepala Seksi (Kasi) Perlindungan Hutan KPH Balangan, M Emir Faisal menyampaikan, pihaknya mengapresiasi semua pihak yang turut serta dalam pelestarian hutan, termasuk masyarakat yang secara sukarela melakukan penanaman pohon di atas lahan pribadi mereka.

“Kami selalu mendukung kegiatan masyarakat terkait penanaman pohon, salah satunya adalah menyediakan bibit pohon gratis,” bebernya.

Bagi masyarakat yang ingin bibit pohon secara gratis, menurut Emir, bisa meminta ke pihaknya dengan syarat foto copy KTP dan surat permohonan. Untuk permintaan kelompok, pemohon harus membuat surat permohonan disertakan dengan sketsa lokasi tanam, calon lokasi tanam dan titik koordinat calon lokasi tanam.

“Ini kami lakukan supaya kami bisa menyesuaikan kebutuhan tanamannya,” bebernya.

Di Kesempatan yang sama, penerima bibit pohon, H Samsul Arifin menyampaikan, jika bibit yang diterimanya ini akan ditanam di lahan miliknya pribadi.

“Rencana akan saya tanam di lahan seluas dua hektar lebih,” ujar warga Desa Teluk Mesjid Kecamatan Batumandi ini.

Dirinya, kata Samsul, tertarik menanam pohon sengon karena bernilai ekonomi tinggi, bahkan lebih dibandingkan dengan tanaman karet.

“Saya punya beberapa kenalan yang berhasil menanam sengon ini, makanya saya mencobanya. Mudah-mudahan ini berhasil dan menjadi contoh baik bagi warga lainnya, serta membuka wawasan jika pengelolaan tanaman hutan juga bernilai ekonomi tinggi,” harapannya. (SA/mb03)