loader image

Mengintip Penyu Di Samber Gelap

DESTINASI-Samber Gelap merupakan pulau kecil yang berada di daerah Kabupaten Kotabaru, Destinasi ini menjadi lokasi favorit para wisatawan saat berkunjung ke Kotabaru.{{alfi}}
DESTINASI-Samber Gelap merupakan pulau kecil yang berada di daerah Kabupaten Kotabaru, Destinasi ini menjadi lokasi favorit para wisatawan saat berkunjung ke Kotabaru.{{alfi}}

SAMBER GELAP – merupakan pulau kecil yang berada di daerah Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan. Destinasi ini menjadi lokasi favorit para wisatawan saat berkunjung ke Kotabaru lantaran menyuguhkan keindahan bawah laut tiada tara. Seperti apa?

Di pulau ini terdapat ribuan terumbu karang yang kondisinya masih sangat alami dan akan menemani para wisatawan saat berenang. Pasir pantainya sangat bersih berwarna putih cerah.

Keberadaan pulau ini memang hanya sebagai tujuan wisata, tidak ada penduduk yang bermukim. Kondisi ini membuat kealamian pulau masih terjaga, sangat bersih dari sampah.

Kejernihan air laut di Samber Gelap adalah daya tarik utama. Saking jernihnya, mudah sekali menyaksikan ribuan terumbu karang dari atas perahu atau saat menyelam. Selain itu, keberadaan ikan-ikan kecil nan menggemaskan akan menemani para wisatawan saat berenang.

Malam hari adalah momen yang paling dinantikan . Dari pulau ini mudah sekali melihat ribuan bintang di atas langit. Suasananya seakan menciptakan ketenangan batin yang begitu dalam.

Momen menarik lainnya yang sangat ditunggu oleh para wisatawan di malam hari adalah menyaksikan sekawanan penyu bertelur. Di pulau ini, sangat mudah melihat secara langsung bagaimana proses penyu bertelur.

Selain itu, di pulau ini juga dibangun penangkaran telur penyu. Anda dapat melihat peristiwa unik berupa anak penyu yang baru menetas berjalan ‘ngesot’ menuju ke lautan pantai. Ada dua jenis penyu yang menjadi penghuni pulau ini, yakni mengintip penyu hijau dan penyu sisik.

Berkunjung ke Pulau Samber Gelap tidak bisa setiap saat. Hanya pada bulan-bulan tertentu saja, seperti April, Mei, Oktober, November dan Desember. Pasalnya di waktu tersebut kondisi ombak di lautan sangat tenang dan aman untuk dilintasi kapal. Tidak disarankan berkunjung selain di bulan yang sudah dijadwalkan lantaran kondisi angin laut bisa saja sangat kencang sehingga membuat ombak menjadi besar dan sangat membahayakan keamanan.

Menuju Pulau Samber Gelap bisa memulai perjalanan dari Tanah bumbu seperti yang telah dilakukan rombongan wisata asal tanah bumbu dengan menggunakan kapal nelayan, perjalanannya memakan waktu 5 hingga 6 jam untuk sampai dipulau samber gelap yang terletak di tengah lautan lepas milik kabupaten Kotabaru.

Jangan kaget saat sudah memasuki kawasan Samber Gelap. Anda dijamin akan terpesona dengan keindahan alamnya. Bahkan sebelum mencapainya, sepanjang perjalanan di lautan sudah disuguhkan panorama beberapa pulau kecil yang sangat indah.

Mengunjungi Samber Gelap rasanya tidak puas bila tidak bermalam. Tersedia beberapa buah bangunan milik menara suar pulau samber gelap Atau bisa membawa perlengkapan camping ke sini. Sayangnya belum ada penyewaan alat selam sehingga perlu membawanya sendiri.

Para wisatawan juga diwajibkan membawa segala kebutuhan masing-masing, seperti makanan dan minuman karena di pulau ini tidak ada yang menjual keperluan tersebut.

Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan saat berkunjung ke Samber Gelap. Salah satu wisatawan asal tanah bumbu,Rama Atali Saputra kepada awak media , sabtu (28/11/2020) mengatakan, kedatangan ke Pulau Sambar gelap, yaitu melakukan kegiatan fun gathering dengan rekan sekantor.

“ Pantai dan Pulaunya sangat memukau serta suasananya sangat indah dan bersih, pasir putihnya sangat menyegarkan mata, keindahan pemandangan bawah laut terumbu karangnya yang masih sangat terjaga, ekosistem biota lautnya sangat berbeda dari pantai lainya. Indah sekali,” katanya.

Rombongan baru pertama kali datang dan terpesona dengan keindahannya. Sebab sebelumnya hanya tahu dari media sosial saja. Namun kini bisa datang langsung ke Pulau tersebut.

Mereka sampai kelokasi, menggunakan armada kapal motor (KM ) Karya Rakat 05 milik nelayan tanah bumbu, mulai dari Tanah Bumbu dengan jarak tempuh kurang lebih 6 jam. Disertai ombak yang cukup besar menuju pulau sambar gelap, akhirnya terobati.

Kegiatan fun ghatering ini juga untuk mempererat silaturahmi antar karyawan sekiligus berlibur. Mereka juga menikmati pantai putih dengan bermain bola disore hari melakukan snorkeling melihat secara langsung keindahan terumbu karang bawah laut yang masih sangat asri.” Kami juga senang karena bisa melihat langsung penangkaran tukik atau anakan penyu yang ada di Pulau ini,” tutupnya.{{alfi}}