loader image

Bupati HST buka secara resmi pertunjukan Virtual Seni Rakyat Tradisional

SENI RAKYAT - Bupati HST H A Chairansyah, berfoto bersama usai membuka Pertunjukan Virtual Seni Rakyat Tradisional dengan tema Maharagu Seni Budaya Bahari di Wayah Pandemi.{{humas}}
SENI RAKYAT – Bupati HST H A Chairansyah, berfoto bersama usai membuka Pertunjukan Virtual Seni Rakyat Tradisional dengan tema Maharagu Seni Budaya Bahari di Wayah Pandemi.{{humas}}

BARABAI – Bupati HST H A Chairansyah hadiri dan buka secara resmi Pertunjukan Virtual Seni Rakyat Tradisional dengan tema Maharagu Seni Budaya Bahari diWayah Pandemi, hadir dalam acara Forkopimda, Pj Sekda Kab HST, Kepala BPBD Kab HST, Kadis Kominfo Kab HST, para penggiat seni di Kab HST, bertempat di Gedung Murakata, belum lama tadi.

Kadis Kominfo Kan HST selaku Panitia penyelenggara Edina Fitria Rahman menyampaikan bahwa Dasar hukum pelaksanaan kegiatan adalah peraturan presiden No 82 tahun 2020 tentang komite penanganan covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional (KPCPEN).

Tujuan pelaksanaan untuk membangun, pemahaman, kepercayaan dan partisipasi publik untuk bersama-sama mewujudkan kesehatan pulih ekonomi bangkit, serta untuk menyampaikan berbagai bentuk informasi guna membangun pemahaman yang benar dan kepercayaan pada upaya penanganan covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional.

Peseta virtual pertunjukan tradisional di Kab. HST adalah Sanggar Seni Asam Rimbun dari kec LAS, sumber dana pelaksanaan kegiatan dari Komite Penanganan covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) dan Kominfo RI tahun anggaran 2020.

Selanjutnya Bupati HST H.A.Chairansyah dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional ( KPCPEN ) kementrian kominfo RI , Pegiat Seni , dan Diskominfo Kabupaten HST atas terselenggaranya kegiatan ini.

Pertunjukan virtual kesenian tradisional yang disaksikan adalah pertunjukan dari sanggar seni Asam Rimbun Pantai Hambawang , yang berupa kesenian wayang orang yang akan menampilkan cerita dengan tema Maharagu Budaya Seni Bahari di wilayah pandemi.

Semoga kegiatan ini dapat memberikan informasi edukasi kepada masyarakat dan mengajak partisipasi publik untuk membangun rasa optimisme dan semangat untuk tetap produktif dalam masa pandemi serta kita bersama – sama untuk mewujudkan pulih dan bangkitnya ekonomi di masyarakat.

Diakhir sambutannya H A Chairansyah mengharapkan kegiatan ini semakin memperkuat tekat dan komitmen kita untuk selalu memelihara kesenian daerah dan menjadikan seni itu menjadi jati diri dan kepribadian kita dalam menghadapi tantangan zaman.

Kegiataan dilanjutkan dengan pertunjukan wayang orang oleh Sanggar Seni Asam Rimbun dari kec LAS dan dilanjutkan diskusi singkat oleh Satgas Covid-19 Kab HST, Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kab HST serta perwakilan pegiat seni tradisional di Kab HST.{{humas/mb03}}