loader image

BKTM Terapkan Problem Solving

BANJARMASIN – Peran serta Polri di tengah ma­sya­rakat tidak hanya melakukan penegaan hukum bagi pelaku tindak kejahatan.

Juga menerapkan problem solving, yaitu memberikan solusi dari akar permasalahan yang terjadi antara warga dan pelaku kejahatan ringan.

Halnya petugas BKTM (Bhabinkamtibmas) Kelurahan Basirih Polresta Banjarmasin Polsek Banjarmasin Barat, Aipda Ervan.

Personil BKTM ini melakukanpenerapan Problem Solving dari perkara dugaan tindak idana yang biasanya menyeret pelaku ke polisi diselesaikan dengan jalan damai.

Akar permasalahan sehingga dilakukannya problem solving oleh petugas BKTM ini diawali dari perbuatan pria berinisial WH yang diduga mengambil accu milik YS.

Atas laporan warga yang meminta permasalahan tersebut diselesaikan secara ke­ke­luar­gaan, maka BKTM Kelurahan Basirih Aipda Ervan bersama Ketua RT12 KelurahanBasirih Kecamatan Banjarmasin Barat Masrani mempertemukan pelaku dan pemilik Accu.

Hasil mediasi itu yang ditengahi oleh personil BKTM, kedua belah pihak baik pemilik Accu dan pelaku ber untuk menempuh jalan damai, dengan kesepakatan WH melalui istrinya meng­ganti Accu yang telah diambil.

“Kita lakukan problem solving dan mereka ber­sepakat untuk berdamai, kami minta kedua belah pihak membuat urat per­jan­jian, yang isi perjanjian WH wajib meng­gan­ti Accu yang diambil milik YS.

Dan pelaku berjanji tidak akan mengulang perbuatan itu lagi, kepada siapa pun,” ucap Kapolsek Ban­jarmasin Barat, Kompol Mars Suryo Kartiko SIK MH melalui Personil BKTM Kelurahan Basirih Aipda Ervan.sam/ris