loader image

Pemprov Kalsel Rehab Jalan Banjang – Pulau Nyiur

Pejabat dari Dinas PUPR Provinsi Kalimantan Selatan saat meninjau proyek pekerjaan peningkatan jalan provinsi di Kecamatan Banjang, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU).
Pejabat dari Dinas PUPR Provinsi Kalimantan Selatan saat meninjau proyek pekerjaan peningkatan jalan provinsi di Kecamatan Banjang, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU).

AMUNTAI – Pemprov Kalsel melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) setempat kembali meram­pungkan satu paket pekerjaan rehab jalan antara Desa Banjang menuju Desa Pulau Nyiur, Kecamatan Banjang, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU).

Kabid Bina Marga pada Dinas PUPR Kalsel, M Yasin Toyib diwakili Kasi Jalan, Wahid Ramadani mengatakan paket pekerjaan rehab jalan Banjang – Pulau Nyiur adalah pekerjaan overlay jalan (lapis tambah aspal jalan), agregat (penge­rasan jalan), pembuatan siring jalan menggunakan konstruksi batu, serta pema­sangan 1 buah box culvert.

“Paket rehab jalan ini sudah rampung dengan baik dan sesuai target yang telah ditetapkan,” kata Wahid disela pemeriksaan fisik rehab jalan Banjang – Pulau Nyiur, Selasa (24/11) malam.

Untuk pekerjaan overlay jalan sekitar satu kilometer sementara pekerjaan agregat jalan sepanjang 246 meter. “Pekerjaan jalan Banjang – Pulau Nyiur dilakukan secara bertahap disesuaikan dengan kondisi anggaran yang ada,” kata Wahid.

Diharapkan dengan adanya rehab jalan tersebut dapat mem­berikan kenyamanan pengguna jalan oleh masyarakat desa sekitar sekaligus dapat memberikan kelancaran dan kemudahan bagi lalu lintas perekonomian masyarakat.

Pemprov Kalsel melalui Dinas PUPR terus melakukan peningkatan infrastruktur jalan provinsi yang ada di berbagai kabupaten/kota se Kalsel.

Baca juga :  Gerakan Pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman Padi

“Tiap tahun Dinas PUPR Kalsel berupaya maksimal mela­kukan peningkatan infrastruktur jalan dengan menganggarkan pengerjaan jalan baru, pening­katan jalan dan rehab jalan di berbagai kabupaten/kota secara merata dan sesuai aspirasi masyarakat,” kata Wahid.

Sementara itu, Supriyadi selaku perwakilan CV Mitra Abadi pelaksana pekerjaan rehab jalan tersebut mengatakan jalan Banjang -Pulau Nyiur ini adalah jalan alternatif antar kabupaten.

“Dari Banjang ke Pulau Nyiur tembusnya ke Batu Mandi, Kabupaten Balangan, jadi jalan ini apabila semuanya dapat ditingkatkan bisa menjadi alter­natif antar kabupaten sekaligus meningkatkan lalu lintas pere­konomian masyarakat antar kabupaten,” kata Supriyadi.

Saat ini, jalan antara Batu Mandi menuju Pulau Nyiur sudah diaspal sepanjang 5,7 kilometer. “Sisanya masih ada jalan tanah di Pulau Nyiur sepanjang 3 kilometer, bila semua dapat diaspal maka jalan ini bisa menjadi lalu lintas utama antar kabupaten,” nilai Supriyadi. ary/ani