loader image

Kemenkes Serahkan 26.487 Masker Untuk Tapin

BANTUAN MASKER - Wakil Bupati Tapin H Syafrudin Noor saat menyerahkan secara simbolis bantuan masker kepada PMI Kab.Tapin.{{herman}}
BANTUAN MASKER – Wakil Bupati Tapin H Syafrudin Noor saat menyerahkan secara simbolis bantuan masker kepada PMI Kab.Tapin.{{herman}}

RANTAU,- Dalam rangka memperingati hari kesehatan nasional ke – 56, melalui program kampanye nasional 3M , Dinas Kehatan Kabupaten Tapin bagikan 26.487 masker untuk PMI dan seluruh Puskesmas Di Tapin, yang secara simbolis diserahkan oleh Wakil Bupati Tapin H Syafrudin Noor seusai upacara gabungan gelar pasukan penanggulangan bencana, bertempat di Lapangan Dwi Darma Rantau, di Rantau.

Khalidah Kasi Promosi dan Pemberdayaan Masyarakat, Bidang Kesmas Dinkes Tapin Khalidah mengatakan, tujuan kampanye nasional 3M dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat diseluruh tatanan agar ikut dalam kegiatan pencegahan Covid-19 melalui pakai masker, jaga jarak dan cuci tangan.

Dengan tema “Merdeka Dari Pandemi Covid-19”, dalam kampanye masker di Tapin, bantuan masker dari Kementerian Kesehatan akan dibagikan keseluruh Puskesmas yang kemudian dibagikan kepada masyarakat ditingkat desa.

Seperti yang diutarakannya, pembagian masker kepada masyarakat nantinya akan dibarengi dengan edukasi dan publikasi dengan melibatkan mitra kerja dan lintas sektor terkait lainnya.

Ditambahkan Khalidah yang menjadi sasaran kampanye nasional 3 M, dunia pendidikan, dalam hal ini PAID, TK, SD, SMP, SMP dan PT dan sasaran keluarga yang meliputi ayah, ibu hingga kakek dan nenek.

Sasaran lainnya yaitu Fasyankes yang terdiri dari RS, Pukesmas, Klinik, Balai dan lain – lainnya serta tempat kerja yang meliputi perkantoran pemerintah, swasta, kantor Ormas, Yayasan, LSM dan lain sebagainya serta tempat – tempat umum lainnya.

Ditambahkan Khalidah lagi, kenapa saat ini kita harus memakai masker, karena dalam masa pandemi dalam melindungi diri sendiri, mencegah masuknya droplet saat kita batuk atau bersin dan berbicara itu sangat penting agar kita tidak tertular dan kita tidak menularkan penyakit.

Karena itu dalam kampanye nasional 3 M kita memakai metode sweeping, edukasi, publikasi dengan melibatkan lingkungan sekitar dan kerjasama dengan mitra. Termasuk didalamnya kita memberikan edukasi cara memakai masker sekali pakai dan cara membuang masker sekali pakai dengan benar serta edukasi cara memcuci masker kain dengan benar.{{her/mb03]}