loader image

Kapolres Resmikan Perpustakaan Terapung

KUNJUNGAN - Kapolres Hulu Sungai Utara (HSU) saat melakukan kunjungan ke Kecamatan Paminggir. Kecamatan Paminggir yang berada di Kabupaten Hulu Sungai Utara.{{yusuf}}
KUNJUNGAN – Kapolres Hulu Sungai Utara (HSU) saat melakukan kunjungan ke Kecamatan Paminggir. Kecamatan Paminggir yang berada di Kabupaten Hulu Sungai Utara.{{yusuf}}

AMUNTAI – Kapolres Hulu Sungai Utara (HSU) beberapa hari tadi, melakukan kunjungan ke Kecamatan Paminggir. Kecamatan Paminggir yang berada di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) merupakan Kecamatan yang dikelilingi aliran Sungai, sehingga akses transportasi dari Kecamatan tetangganya Danau Panggang ke Paminggir hanya dapat menggunakan Speed boat atau kapal.

Kunjungan Kapolres bersama dengan para pejabat di Polres HSU guna menghadiri HUT Polrairud ke-70 di Mako Desa Paminggir, Kecamatan Paminggir, Kamis 12 November 2020 lalu.

Kapolres HSU AKBP Afri Darmawan yang disambut oleh Pelaksana tugas Camat Paminggir Harzuki, Kepala Desa, Kapolsek Danau Panggang, Danramil dan tokoh Agama serta Kasat Polairud , meapresiasi adanya Perpustakaan Terapung yang berada di Desa tersebut.

Kasat Polairud Iptu Ashari mengatakan, di wilayah Paminggir telah dibangun Perpustakaan Terapung bersamaan dengan sarana sarana belajar online. Hal ini bertujuan agar anak-anak didik di Pinggiran dapat belajar dan menambah wawasan lebih luas, terlebih kondisi daerah tersebut jauh dari wilayah perkotaan.

“Peresmian dilakukan sekaligus oleh Kapolres HSU, serta membagikan bantuan sembako bagi masyarakat setempat,” katanya.

Usai giat tersebut, masyarakat juga diberikan sosialisasi terkait pelaksanaan Pilkada Gubernur Kalsel serta kaitannya dengan penanganan covid-19 di daerah hukum Paminggir.

Kapolres HSU AKBP Afri Darmawan meapresiasi pembangunan perpustakaan terapung dan sarana belajar online, “saya me apresiasi dan terima kasih kepada Kasat Polairud beserta anggota, dalam momen HUT Polairud kali ini, merupakan wujud kepedulian Polri khususnya ke dunia pendidikan di wilayah terpencil di Kabupaten HSU, yakni di Kecamatan Paminggir,” katanya.

Apalagi lanjut Kapolres, di masa pandemi Covid-19, adanya Perpustakaan Terapung dan fasilitas belajar Online, setidaknya dapat membantu anak – anak didik yang membutuhkan layanan internet, dan hal ini paling tidak setingkat menambah wawasan anak didik setempat, “Nantinya akan kita perkuat dengan menambah wifi. Mari kita gunakan untuk belajar dan menambah ilmu pengetahuan, rawat dan pelihara dengan baik perpustakaan sarana belajar online ini,” ajaknya.

Kapolres juga mewanti-wanti terkait pelaksanaan Pilkada dan Pandemi Covid-19. Dirinya mengajak seluruh elemen masyarakat di Kecamatan Paminggir agar kompak mensukseskan jalannya Pilkada dengan menciptakan suasana aman damai.

“Khusus masalah Covid-19, mari kita tetap melaksanakan protokol kesehatan, dengan menerapkan 3 M + 1 T yakni Memakai Maker, Menjaga jarak, Mencuci tangan dengan air dan sabun serta Tinggalkan kerumunan, sehingga dalam semua tahapan pilgub kalsel ini berjalan aman, kondusif dan sehat, “ imbuhnya.

Usai meninjau lokasi Perpustakaan Terapung, Kapolres didampingi Camat Paminggir dan Kasat Polairud menyerahkan paket Sembako dari Kapolres HSU, Kasat Polairud ke perwakilan Masyarakat Desa Paminggir. (suf/mb03)