loader image

Tunjangan Guru Honorer 2021 Naik

Matnor Ali: Tidak Ada Unsur Politik

MATNOR ALI
MATNOR ALI

BANJARMASIN – DPRD Kata Banjarmasin pada APBD Tahun Anggaran 2021, men­yetujui usulan kenaikan tunjangan untuk guru honorer di kota seribu sungai. Kabar gembira ini tentunya untuk memberikan dan meningkatkan kesejahteraan para guru honor.

Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin mengusulkan kenai­kan anggaran dengan tunjangan tambahan sekitar Rp 200 ribu per bulannya.

“Usulan kenaikan tunjangan guru honor sebesar Rp 200 ribu per bulan kami akomodir,” ungkap Kadis Pendidikan Totok Agus Daryanto, saat men­dampingi komisi IV DPRD Kota Banjarmasin melakukan kun­n­jungan lapangan ke sekolah yang melaksanakan pembelajaran tatap muka, Rabu lalu.

Kadisdik juga menjelaskan, untuk kenaikan tunjangan te­r­sebut, pihaknya menambahkan Rp 26 miliar di anggaran tahun 2021, untuk program pening­katan kesejahteraan guru honor yang jumlahnya mencapai 2 ribu orang.

“Untuk merealsasikan kenai­kan tersebut, kita sudah menam­bahkan anggaran sebesar Rp 2,6 miliar di anggaran murni 2021,” jelasnya.

Dikatakannya, dalam pem­bangunan pendidikan di Banjar­masin peran guru honorer sangat signifikan. Pihaknya berupaya meningkatkan kesejahteraan mereka, sebab peran mereka sangat diperlukan.

Begitu juga dengan nasib guru honor K2. Pihaknya juga mengusahakan agar kesejahteran mereka bisa ditingkatkan. “Untuk guru honor K2 lihat dulu. Yang pasti mereka tetap kita akomodir,” katanya.

Sementara, Wakil ketua DPRD Kota Banjarmasin Matnor Ali mengapresiasi atas kenaikan gaji guru honor itu. Ia berharap, hal itu dapat membantu mening­katkan kesejahteraan guru honorer.

Perlu diketahui, kenaikan tunjangan guru honor itu, murni untuk kesejahteran mereka. Tidak ada unsur politik, apalagi dikaitan, dengan pemilihan kepala daerah. Kenaikan ini merupakan tugas wakil rakyat, dan wajar terus dinaikan sesuai, dengan kemampuan anggaran daerah.

“Kita berharap kenaikan tunjangan guru honor, tidak ada yang mengklaim. Sebab kenaikan ini murni untuk kesejahteraan para guru honorer kita,” tegas politisi Partai Golkar ini. edo