loader image

Puskesmas Sundai Jadi Dibangun pada 2021

LAHAN pembangunan untuk Puskesmas Sungai Andai yang sudah disiapkan, berasal dari hibah seorang pengembang di Sungai Andai. mb/edo
LAHAN pembangunan untuk Puskesmas Sungai Andai yang sudah disiapkan, berasal dari hibah seorang pengembang di Sungai Andai. mb/edo

BANJARMASIN – Warga Kelurahan Sungai Andai (Sundai) kini dapat tersenyum. Pasalnya, keinginan untuk memiliki sebuah Puskesmas bakal terwujud, setelah DPRD Kota Banjarmasin menyesetujui anggaran pem­bangunan untuk fasilitas kesehatan tersebut.

Sebelumnya, dalam pembahasan KUA-PPAS tidak dianggarkan Bahkan dicoret oleh tim anggaran maupun Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kota Banjarmasin. Tetapi setelah dicoroti beberapa media, dan mendapat protes dari salah satu anggota dewan, akhirnya anggaran bisa diakomodir.

Wakil ketua DPRD Kota Banjarmasin Matnor Ali menga­takan, dalam finalisasi Rancangan Anggaran Belanja Pendapatan Daerah (RAPBD) tahun 2021 Kota Banjarmasin, kembali dimasukkan rencana pem­bangunan Puskesmas Sungai Andai tersebut.

Semula usulan anggaran itu sebesar Rp 8,6 miliar, namun dapat dinaikan menjadi Rp 10 miliar­. Anggaran itu diperuntu­kan pembangunan fisik dan penyediaan alat kesehatan (alkes).

“Sebelumnya pada pem­bahasan KUA-PPAS tidak dianggarkan, tetapi setelah dilakukan pendekatan, alham­dulillah bisa di akomodir dan dibangun pada 2021,” katanya kepada wartawan, Kamis (19/11).

Matnor Ali mengungkapkan, saat menjabat sebagai ketua komisi IV yang membidangi kesehatan, dirinya terus mengawal rencana pembangunan Puskesmas itu.

Sebab, menurutnya peren­canaan pembangunan Pus­kesmas itu, sudah dibahas dan dima­sukan dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Mus­renbang), baik tingkat kelu­rahan, kecamatan hingga tingkat Kota Banjarmasin.

Bahkan, Detail Enggeering Desain (DED), sudah disiapkan sejak 2018 silam, serta lahannya pun sudah disiapkan oleh salah satu pengembang di Kelurahan Sungai Andai.

“Rencana membangun Pus­kesmas Sungai Andai itu, sudah tiga tahun terlewati. Insha Allah 2021 depan sudah bisa kita bangun,” katanya.

Selain dana anggaran pem­bangunan Puskesmas Sungai Andai, tegasnya, DPRD Kota Banjarmasin juga menyesetujui anggaran tambahan pem­ba­ngunan RSUD Sultan Adam, sebesar Rp 20 miliar.

“Anggaran Rp 20 miliar itu untuk menyelesaikan pem­bangunan rmah sakit yang tersisa, semoga 2021 nanti semua sudah selesai dan bisa dirasakan warga Banjarmasin,” tegasnya. edo